PEKANBARU - Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh hati ini, 1 Oktober 2021 diharapkan bisa menjadi momentum bagi seluruh anak bangsa dalam memupuk tekad mempertahankan, menjaga, merawat serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kota Pekanbaru, Iwan Pansa, Jumat (1/10/2021). Menurutnya, slogan 'Pancasila Abadi' tidak hanya sekedar lisan saja, tapi ada makna yang sangat mendalam.

Ideologi Pancasila, tegas Iwan, merupakan harga mati bagi rakyat Indonesia, dimana sudah banyak pengorbanan para pahlawan bangsa, bahkan tak jarang ada pertumpahan darah untuk mempertahankan ideologi Pancasila ini.

"Kita tidak boleh lengah sedikitpun dengan potensi yang dapat mengrongrong ideologi bangsa kita ini, yaitu Pancasila, kami di PP siap menjaga Pancasila sekalipun harus mengorbankan nyawa," katanya.

Iwan menjelaskan, kecintaan terhadap Pancasila oleh kader PP tidak hanya pada peringatan hari ini saja, tetapi setiap waktu seluruh kader Pemuda Pancasila diberi pemahaman untuk terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Salah satu yang paling nampak adalah sikap gotong royong, dimana seluruh elemen PP bergerak bahu membahu membantu masyarakat yang saat ini sedang susah akibat Pandemi Covid 19.

"Mulai dari pemberian masker, penyemprotan disinfektan, vaksin, hingga pemberian ribuan sembako yang tersebar di seluruh sudut Kota Pekanbaru," terangnya.

Senada dengan Iwan, Sekretaris MPC PP Kota Pekanbaru, Suhermanto, menambahkan, seluruh kader PP dibawah kepemimpinan Iwan Pansa sudah diarahkan untuk benar-benar memperhatikan dan membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan.

"Pemuda Pancasila Kota Pekanbaru akan terus bersinergi bersama masyarakat dan semua institusi pemerintah dalam menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila," ujarnya. ***