PEKANBARU - Sejumlah alat berat diturunkan ke jalan lintas yang rusak di daerah Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau. Alat berat itu diturunkan untuk melakukan perbaikan dan perawatan.

Perbaikan jalan mulai dikerjakan oleh Unit Pelayanan Teknis Jalan dan Jembatan (UPTJJ) Dinas PUPR Riau. Perbaikan jalan dilakukan setelah Gubernur Riau Syamsuar menerima aduan 20 kepala desa di Batang Cenaku.

"Ini bentuk gerak cepat setelah didatangi camat Batang Cenaku dan semua kepala Desa. Gubernur Riau menginstruksikan untuk penanganan kerusakan ruas jalan lubuk Kandis Pangkalan Kasai," kata Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan UPTJJ Wilayah IV, Lutfi Hardi, Rabu (9/11/2022).

Lutfi mengatakan saat ini terdapat 3 titik kerusakan yang sangat parah di ruas Jalan Lubuk Kandis Pangkalan Kasai, Batang Cenaku. Sehingga perlu diturunkan alat berat ke lokasi untuk perbaikan secara maksimal.

"Khusus untuk ruas jalan ini sudah kami turunkan 5 unit alat berat, 1 excavator, 1 unit motor grader, 1 unit vibro. Termasuk 1 unit tandem, roller, 1 unit bachoe loader, khusus untuk ruas jalan lubuk Kandis pangkalan Kasai atau Batang Cenaku," katanya.

Untuk material sendiri tercatat sudah masuk 12 tronton. Di mana kerusakan terjadi di stasiun (STA) 17+800, STA 17+650 loading dan STA 17+456.

"Untuk progress hingga saat ini STA 17+800 sudah selesai ditangani dan kita sedang menangani STA 17+650. Untuk STA 17+456 akan kita tangani setelah STA 17+650 selesai," katanya.

Sedangkan kerusakan pada Ruas Bina Marga pada STA 21+800 tetap fungsional sesuai instruksi Gubernur Syamsuar.

Namun, untuk perbaikan, disebut terdapat beberapa kendala. Salah satunya masih banyak kendaraan ODOL melintas di jalan tersebut.

"Ada beberapa kendala yang kita hadapi di ruas jalan lubuk Kandis pangkalan Kasai, Batang Cenaku. Di mana banyaknya kendaraan ODOL yang melewati ruas jalan tersebut, karena di ruas tersebut terdapat 4 perusahaan sawit," katanya.

Sebelumnya masyarakat dan kepala desa mengeluhkan kerusakan jalan di wilayah Batang Cenaku. Bahkan ada 20 kepala desa dan camat mengadu langsung ke Gubernur Riau beberapa waktu lalu.

Kedatangan camat dan para kepala desa itu menyampaikan persoalan jalan rusak di Jalan Lintas Selatan Kecamatan Cenaku tepatnya Jalan Pangkalan Kasai, Anak Talang dan Desa Cenaku Kecil.

Gubernur Riau Syamsuar langsung merespon keluhan masyarakat Batang Cenaku dan memerintahkan Kadis PUPR untuk segera memperbaiki jalan yang rusak minimal kendaraan bisa lewat atau fungsional.

Dikatakan Syamsuar, saat ini Pemprov Riau memprioritaskan jalan yang rusak parah, karena jika untuk semua jalan rusak tidak mampu anggaran menyelesaikannya dalam satu tahun.

"Saya sudah perintahkan UPT mana jalan yang rusak segera di perbaiki dengan kwalitas jalan yang kuat," ujar Syamsuar. ***