PEKANBARU – Sebanyak 5 pasien dikabarkan terkonfirmasi terpapar Covid-19 varian Omicron XBB di Kota Pekanbaru. Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih tidak menyangkal hal tersebut, namun mengatakan belum mendapatkan data terkait pasien yang terpapar.

"Kita belum dapat datanya. Ada (konfirmasi positif XBB), cuma belum dapat datanya dari provinsi," ujarnya, Rabu (23/11/2022).

Zaini mengatakan pihak Diskes baik provinsi maupun kota masih menelusuri pasien yang terpapar Covid-19 varian baru ini. Sehingga belum diketahui pasti, dari mana penularan virus baru ini berawal.

Sementara itu, penambahan kasus harian Covid-19 masih terus meningkat beberapa waktu belakangan. Zaini menyebut, setiap harinya penularan Covid-19 bisa mencapai 30 kasus dan jumlah kasus aktif mencapai ratusan.

"Kami berharap supaya tim Satgas Covid-19 ini kembali lebih gencar dalam pencegahan penularan, sesuai dengan tupoksi masing-masing," jelasnya.

Sementara itu, kepada petugas kesehatan yang bekerja diminta untuk melakukan 3 T, yaitu tracing, testing, dan treatment. Kepada warga diminta untuk menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Kita sudah surati puskesmas dan rumah sakit untuk meningkatkan kembali 3T ini. Kita juga imbau masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan, karena saat ini covid masih ada, status pandemi belum dicabut, dan kasus meningkat," pungkasnya. ***