PEKANBARU - Sekolah Polisi Negara (SPN) yang berlokasi di Jalan Pattimura Kota Pekanbaru - Provinsi Riau, akan dibangun menjadi Mapolda Riau yang baru. Bangunannya sebagian juga sudah diratakan dengan mengerahkan alat berat.

Sesuai rencana, Mapolda Riau yang kini berada di Jalan Jenderal Sudirman akan pindah ke Jalan Pattimura (Gedung SPN) Pekanbaru. Sedangkan SPN dibangun di Kabupaten Kampar. Sebab, markas Polda yang sekarang dinilai sudah tak lagi representatif dan penuh sesak.

Proses pengerjaannya juga sudah mulai dilakukan. Tahap awal dengan meruntuhkan bangunan SPN, dilanjutkan dengan membangunnya menjadi Mapolda Riau yang baru. Rencananya pembangunan tersebut selesai pada tahun 2018 ini.

Kapolda Riau Irjen Nandang menuturkan, Mapolda baru yang dibangun di SPN akan memiliki enam lantai, serta mempunyai basement. Ini dari dana hibah pemerintah provinsi dengan menelan biaya sebesar Rp172 Miliar. "Rencana dibangun enam laintai," katanya, Selasa (27/3/2018) siang.

Irjen Nandang yang diwawancarai GoRiau.com melanjutkan, nantinya akan ada empat bangunan lainnya, selain bangunan utama berlantai enam itu, diantaranya kantor Direktorat Pamovit dengan Sabhara, ruang tahanan dan Tahti dan Sentra Kepolisian Terpadu (SPKT).

"Kemudian ruang penjagaan hingga media center juga akan kita siapkan untuk kawan-kawan wartawan. Kita upayakan pembangunannya selesai tahun ini (2018, red), kan kalau tidak selesai mereka kena denda," tegas Kapolda Riau Irjen Nandang.

Sedangkan untuk SPN yang pindah ke Kampar, setakat ini juga tengah diproses, seiring dengan berjalannya pembangunan Mapolda Riau di Jalan Pattimura (Tempat SPN yang lama, red). "Berbarengan dia, tahun ini mudah-mudahan selesai dan sekarang proses lelang," pungkas Nandang.

Data yang diperoleh, area SPN di Jalan Pattimura Pekanbaru memiliki luas sekitar lima hektar. Ini yang nantinya menjadi Markas Polda Riau yang baru. Untuk sementara, asrama haji di Rumbai digunakan menjelang SPN yang baru di Kampar selesai dibangun. ***