PANGKALAN KERINCI - Hingga hari ini, pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, upaya pendinginan masih terus dilakukan.

Beberapa lokasi yang masih dilakukan pendingiman yaitu di Bedagu Kelurahan Langgam, Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), Desa Sering dan Kerumutan.

"Hotspot, hari ini data BMKH nihil. Kita masih melakukan proses pendinginan di sejumlah lokasi kebakaran," kata Kepala BPBD Kabupaten Pelalawan, Hadi Pemandio, Senin (5/8/2019).

Disebutkannya, pendinginan isolir dilakukan di wilayah Desa Penarikan, Langgam dengan menggunakan alat berat sebagai upaya antisipasi.

"Untuk yang di Bedagu Kelurahan Langgam sekarang juga masih dalam proses pendinginan tetap dengan dibantu helikoper water bombing pada lokasi yang tak terjangkau oleh tim," katanya.

Tak hanya disitu, lanjut Hadi, operasi darat dan udara juga masih dilakukan di TNTN Ukui. Terdapat beberapa titik kebakaran seperti di Desa Bagan Limau dan Desa Bukit Kusuma.

"Sekarang ini yang di TNTN masih ada operasi darat dibantuh heli water bombing karena sulit sumber air. Bagan Limau ada 6 titik dan Bukit Kusuma ada 2 titik," sebutnya lagi.

Hadi juga menyebutkan, proses pendinginan juga dilakukan di Desa Sering dam Kerumutan oleh tim rayon.

"Sekarang juga sedang pendinginan di daerah Kerumutan dan juga sering. Kita turunkan tim rayon dulu, kalau mamang perlu bantuan baru kita turunkan," tandasnya, kepada GoRiau.*