KONSEP ketuhanan dalam ajaran Islam, yakni Laillaha Illallah (tiada Tuhan selain Allah), menjadi alasan bagi banyak non Muslim memutuskan menjadi mualaf (masuk Islam), termasuk Marlin Senangin.

Dikutip dari Hops.id yang melansir kanal YouTube Cahaya Al Hidayah, sebelum mualaf, Marlin Senangin merupakan pendeta pada agama yang dianutnya sebelumnya. Meski pendeta, namun wanita berparas cantik itu merasa bingung dengan konsep ketuhanan pada agamanya itu.

Konsep ketuhanan dalam Islam, yakni hanya ada satu Tuhan, Allah SWT, dianggap Marlin sangat logis, sehingga dia meyakini bahwa Islam adalah agama yang benar. Marlin pun kemudian mantap mengucapkan dua kalimat syahadat.

Marlin Senangin membaca dua kalimat syahadat di sebuah masjid dipandu seorang ustaz, disaksikan para jamaah masjid dan tokoh msyarakat.

''Diantara sekian banyak alasan masuk Islam monoteisme (Tuhan itu satu) murni adalah konsep paling logis yang memudahkan kalangan non Muslim memahami ajaran agama Islam, alasan itulah yang membuat mereka berbondong-bondong masuk Islam,'' bunyi narasi dari video momen Marlin Senangin masuk agama Islam tersebut.

''Marlin Senangin juga disebutkan masuk ke agama Islam tanpa unsur paksaan siapapun. Marlin masuk Islam karena suatu hidayah yang diberikan Allah kepadanya,'' bunyi narasi itu lagi.

Ustaz yang memandunya mengucapkan dua kalimat syahadat berkata kepada Marlin Senangin, ''Kamu harus yakini karena Allah saksinya sekarang ketika kamu sudah menangis Allah menghapus semua dosa-dosamu yang lalu, kamu bersih, sekali lagi kamu bersih,'' ujar sang ustaz.

Setelah proses pembacaan dua kalimat syahadat, Marlin Senangin mendapat ucapan selamat dari ustaz dan para jamaah masjid.

''Selamat buat nanda Marlin, semoga Allah senantiasa menyertai kamu dan kita semua yang ada di sini. Malam ini acara terdahsyat yang pernah saya ikuti selama keliling Indonesia,'' lanjutnya.

Sementara itu, Marlin mengatakan bahwa keputusannya untuk memeluk Islam adalah sesuatu yang yang sangat dahsyat.

Dia juga mengatakan bahwa sebelum bersyahadat dirinya adalah pendeta muda dan direncanakan diwisuda dan dikukuhkan sebagai pendeta full di Jakarta tanggal 19 April 2021.

''Hari ini hari yang bahagia sekaligus mengharukan dimana Marlin Senangin disaksikan RW didampingi Pak Danramil dan Kapolsek, mengucapkan penuh keyakinan Islam adalah agama saya tanpa paksaan dari siapapun serta meninggalkan agama saya sebelumnya. Alhamdulillah, suasaba menjadi haru dan bahagia,'' terang Marlin Senangin.***