JAKARTA -- Sesuai jadwal yang sudah ditentukan, pendaftaran sebagai peserta Program Kartu Prakerja Gelombang 12 telah ditutup pada hari ini, Jumat (26/2/2021), pukul 12.00 WIB.

Dikutip dari Kompas.com, informasi penutupan pendaftaran peserta Program Kartu Prakerja ini disampaikan Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu, Jumat (26/2/2021).

''Iya, ditutup hari ini jam 12.00 WIB,'' ujarnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (26/2/2021) pagi.

Louisa Tuhatu, menuturkan, lolos tidaknya seseorang tidak ditentukan siapa yang paling cepat mendaftar.

Bagaimana cara untuk mengetahui lolos atau tidaknya dalam pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 12?

Dikutip dari Kompas yang melansir laman Prakerja, ada dua cara untuk mengetahui lolos tidaknya seseorang di Prakerja Gelombang 12.

Pertama, Anda akan mendapatkan notifikasi melalui SMS. Ini ditujukan bagi Anda yang lolos.

Cara kedua, pada tanggal pengumuman seleksi gelombang, login ke akun Anda lewat prakerja.go.id, lalu cek dashboard. Adapun yang dimaksud dengan dashboard adalah tampilan pertama setelah Anda login.

Lalu lihatlah nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun Anda. Jika lolos, Anda akan mendapatkan keterangan sebagai berikut:

''Dana insentif kamu diberikan setelah penyelesaian pelatihan, bila belum ada dana yang ditransfer 7X24 jam Hubungi CS.''

Jika tidak lolos, Anda akan mendapatkan notifikasi pada dasboard akun Kartu Prakerja. Adapun notifikasinya berbunyi ''Kamu Belum Berhasil'' pada dashboard akun Anda.

Lalu jika tidak lolos, Anda masih bisa mendaftar untuk gelombang selanjutnya. Tapi Anda tidak perlu memasukkan semua data seperti saat membuat akun pertama kali.

Meski begitu, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/2/2021), Louisa belum bisa memberikan keterangan kapan hasil seleksi Prakerja Gelombang 12 diumumkan.

Seleksi Prakerja

Diberitakan Kompas.com, Kamis (25/2/2021), Louisa menjelaskan setelah pendaftar melakukan pendaftaran, pihak Prakerja akan melakukan seleksi dan pengecekan.

Adapun proses seleksi Prakerja dilakukan secara otomatis melalui sistem.

''Proses seleksi dilakukan melalui sistem tanpa ada intervensi manusia,'' katanya pada Kompas.com, Kamis (25/2/2021).

Selain itu, kata dia, NIK juga akan dicek ke data Dukcapil apakah memang terdaftar.

''Selama ini cukup banyak orang yang gagal di dalam proses verifikasi ini, karena ternyata masuk dalam daftar terlarang,'' kata Louisa.***