BANGKINANG - Bunga Bangkai yang terletak di Cagar Bukik Bungkuk, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau viral di media sosial maupun di media online. Masyarakat pun penasaran, dan berbondong-bondong ingin melihatnya lansung ke lokasi.

Syahril, salah seorang pemandu di lokasi mengatakan, lokasi bunga bangkai kini ramai dikunjungi. Ada yang datang dari luar Kampar, ada juga warga setempat. Semuanya penasaran ingin melihat langsung bunga bangkai itu.

''Hingga hari ini ada sekitar 300 pengunjung yang datang. Pengunjung yang datang, bergabai usia. Mulai dari anak-anak, hingga orang dewasa. Pria dan wanita. Mereka mengabadikan momen di depan bunga bangkai itu,'' sebut Syahril kepada GoRiau.com, Kamis (21/9/2017).

Pengunjung yang datang katanya, ada yang dari Pekanbaru, dari Sumbar, dan ada juga penduduk setempat. Meski ramai dikunjungi, dia tetap mewaspadai, agar pengunjung tidak merusak ekosistem alam.

"Saya jaga bunga itu agar tak ada tangan jahil yang merusak. Ini adalah bunga langka, yang patut kita dilindungi," sebut lelaki pecinta alam ini.

Sebagaimana diketahui, ada sebanyak enam bunga bangkai yang berada di sekitar lokasi itu. Lima di antaranya sudah layu. Termasuk dua bunga bangkai yang ditemukan oleh rombongan BBKSDA Riau beberapa hari lalu.

Namun, masih ada satu lagi yang akan mekar. Diprediksi katanya, bunga ini akan mekar pada Kamis (21/9) atau Jumat (22/9). Tingginya 3,44 meter. "Sekarang kelopaknya sudah mulai merekah. Besok (hari ini, red) mekarnya," kata Syahril.

Dijelaskannya, saat mekar nanti, akan mengeluarkan bau busuk. Seperti bau bangkai. Bahkan, bau ini akan menyebar hingga 100 meter.

"Nah, kalau sudah keluarkan bau busuk, saat itulah bunga ini mekar," kata Syahril yang juga ikut bersama rombongan BBKSDA Riau saat menemukan bunga bangkai tertinggi di dunia, Sabtu lalu.

Lokasinya kata Syahril, tidak jauh dari pemukiman warga. Jika berjalan kaki dari aspal terakhir, cuma lima menit. Bunga langka ini tumbuh di seputaran kebun milik warga. Masih di seputaran Cagar Alam Bukit Bungkuk.

Dia juga menjelaskan, lima bunga bangkai lainnya sudah layu. Antara lain, dua adalah bunga yang ditemukan oleh BBKSDA. Satu di antaranya diklaim menjadi bunga bangkai tertinggi di dunia, dengan ketinggian 3,97 meter.

Tiga bunga bangkai yang sudah layu lainnya, ditemukan oleh Syahril sendiri, pada Selasa (19/9). Satu memiliki tinggi 2,20 meter dengan kelopak berwarna merah. Satu lagi dengan tinggi 2,44 meter dengan kelopak berwarna hijau kehitam-hitaman. Kemudian, ada juga yang memiliki tinggi 1,7 meter. ***