JAKARTA - Penampilan Tim Nasional (Timnas) Sepakbola U 23 Indonesia disorot saat mengalami kekalahan 0-3 dari Vietnam pada laga perdana Grup A cabang olahraga sepakbola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Viet Tri Kota Phu Tho, Vietnam, Jumat 6/5/2022). Sebab, tim asuhan pelatih asal Korea Selatan (Korsel) Shin Tae-yong yang jadi bintang iklan salah satu produk kopi tersebut ditargetkan merebut medali emas pada pesta olahraga dua tahunan negara-negara Asia Tenggara edisi ke-31.

Pengamat sepakbola, Tommy Welly yang dihubungi Sabtu (8/5/2022) menilai penampilan Egi Maulana dan kawan-kawan saat menghadapi tuan rumah Vietnam jauh dari ekspektasi target emas yang sudah 31 tahun tidak diraih Indonesia. Bahkan, dia menyebut Timnas U 23 Indonesia tidak mampu melakukan perlawanan ketat dan sepanjang pertandingan kontrol bola didominasi pemain Vietnam.

"Penampilan Timnas U 23 Indonesia jauh dari ekspektasi target emas yang ditetapkan PSSI. Yang menjadi pertanyaan sekarang mengapai imnas yang ditargetkan juara tidak mampu emberikan perlawanan dan kontrol bola sepanjang laga dikuasai Vietnam? Jelas sekali terlihat kualitasnya jauh di bawah Vietnam," kata Tommy Welly.

Lantas bagaimana peluang Timnas U 23 Indonesia ke semifinal?Tommy Welly menjawab, "Di atas kertas, Timnas Indonesia berpeluang masuk semifinal. Dengan catatan harus bisa memenangkan tiga pertandingan sisa."

Indonesia berada di Grup A bersama Vietnam, Timor Leste, Filipina, dan Myanmar. Di laga perdana tersebut, Filipina sukses mengalahkan Timor Leste dengan skor telak 4-0. "Kalau Timor Leste dan Filipina bisa teratasi. Tetapi, Myanmar akan menjadi lawan berat. Di Piala AFF 2022, mereka memang gagal tetapi harus diperhitungkan karena prestasi sepakbolanya cukup meningkat belakangan ini," jelasnya.

Setelah kalah dari Vietnam, kata Tommy Welly, tugas Shin Tae-yong cukup berat untuk mengembalikan mental pemain Timnas U 23 Indonesia. "Recovery mental pemain Timnas U 23 Indonesia harus cepat dilakukan untuk menghadapi tiga lagi sisa. Ini menjadi tugas berat," ungkapnya.

Hal senada juga dilontarkan pengamat sepakbola, Rayana Djakasurya. Bahkan, dia yakin Shin Tae-yong punya strategi untuk bisa memenangkan tiga laga sisa. "Sebagai pelatih kelas dunia, Shin Tae-yong pasti punya strategi untuk bisa memenangkan tiga laga sisa. Jadi, kita masih punya peluang maju ke semifinal," ujarnya. ***