PEKANBARU – Kota Pekanbaru masih menerapkan PPKM Level 1. Penerapan pembatasan ini berlaku mulai 2 Agustus hingga 5 September 2022.

Asisten I Pemko Pekanbaru Syoffaizal, mengatakan, hal ini berdasarkan instruksi menteri dalam negeri nomor 39 tahun 2022 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat dan mengoptimalkan posko penanganan corona virus disease 2019 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran corona virus disease 2019 di wilayah sumatera, nusa tenggara, kalimantan, sulawesi, maluku, dan papua yang dikeluarkan pada tanggal 1 Agustus 2022.

"Alhamdulillah Kota Pekanbaru masih berada di PPKM level I. Ketetapan ini berlaku mulai tanggal 2 Agustus hingga 5 September 2022," ujarnya, Selasa (2/8/2022).

Syofaizal menjelaskan, pihaknya akan segera menerbitkan Surat Edaran (SE) Walikota. Meskipun PPKM Level 1 masih berlaku, namun sejumlah kasus Covid-19 masih terjadi di Kota Pekanbaru.

Pemko Pekanbaru juga akan kembali menggelar vaksinasi massal untuk mencegah penularan Covid-19. Data Diskes Pekanbaru saat ini, setidaknya ada 106 kasus Covid-19 aktif. 99 orang diantaranya melakukan isolasi mandiri dan 7 orang lainnya menjalani perawatan di rumah sakit.

"Kemarin waktu acara hari Minggu saat saya menghadiri acara mewakili Pj Walikota, Gubernur mengintruksikan untuk mengadakan vaksinasi lagi kepada masyarakat kita," jelasnya.

Sementara itu, tak hanya Kota Pekanbaru, seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Riau saat ini juga berada di PPKM level I mulai dari Kabupaten Kampar, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Siak, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Kepulauan Meranti, dan juga Kota Dumai. ***