PANGKALANKERINCI - Untuk mempromosikan potensi sumber daya pangan lokal di Pelalawan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan melalui dinas terkait memfasilitasi pelaku usaha pangan lokal untuk membuka gerai di Pangkalan Kerinci.

Gerai Beras Penyalai ini secara resmi di launching oleh Bupati Pelalawan, HM Harris, di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Pasar Baru, Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau.

Gerai Beras Penyalai bertujuan membangun image daerah bahwa Pelalawan merupakan daerah penghasil beras di Riau.

"Ini juga untuk menepis anggapan yang mengatakan beras Pelalawan tidak bisa dinikmati oleh masyarakat Pelalawan. Beras kita juga dinikmati masyarakat kita," terang Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Pelalawan, Syah Fahlefi, kepada GoRiau.com (GoNews Group), sebelum launching, Senin (8/5/2017).

Menurut Fahlefi, gerai pangan lokal Beras Penyalai yang hadir di Pangkalan Kerinci juga bertujuan memfasilitasi Kelompok Tani dalam hal pemasaran serta memperluas jaringan usaha.

"Distan hanya memfasilitasi, yang mengelola Gapoktan Maju Jaya. Kita juga berharap stok beras tidak putus," ucapnya.

Ditambahkan Fahlefi, pihaknya terus melakukan pembinaan agar stok maupun kualitas beras tetap terjamin dan pasar lokal bisa terpenuhi.

"Kita juga melakukan pembinaan, agar stook beras tak putus dan kualitas terjamin. Setidaknya kita bisa memenuhi pasar lokal dulu," tandasnya.

Gerai Beras Penyalai menyediakan berbagai jenis beras asli Kuala Kampar tanpa pupuk kimia, seperti Beras Cekau Pelalawan, Beras Karya Pelalawan, Beras Mendol Pelalawan, Beras Bono Pelalawan, Beras Impara Pelalawan dan beras Penyalai lainnya. ***