PELALAWAN - Pemkab Pelalawan melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten mengungkapkan apresiasinya pada PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) atas pelaksanaan Apel Peringatan Bulan K3 Nasional Tingkat Kabupaten yang dilaksanakan di perusahaan tersebut. Menurutnya, gelaran apel Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang rutin dilaksanakan di PT RAPP menandakan perusahaan tersebut selalu komitmen dalam menjaga K3.

"Kami sangat apresiasi atas pelaksanaan Peringatan K3 Nasional tingkat kabupaten yang dilaksanakan di PT RAAP. Kita juga apresiasi atas penghargaan yang diberikan Bupati pada tiap departemen di PT RAPP dalam menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di tiap departemen," ungkap Kadisnaker Pelalawan, T Amri Fuad, Kamis (26/1/2023).

Dia menyatakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan salah satu aspek penting dalam lingkungan perusahaan terutama manufaktur. K3 juga selalu dijadikan sebagai hal utama yang harus selalu diperhatikan dan bahwa kehadirannya memang dibutuhkan bagi seluruh karyawan di seluruh area kerja. Dia juga meminta seluruh perusahaan dalam kegiatan usahanya mampu menerapkan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja secara baik dan bukan semata-mata memenuhi kewajiban dan tanggungjawab sosial kepada masyarakat sekitar.

"Tapi mendorong perusahaan agar tumbuh dan berkembang menjadi perusahaan yang memanusiakan manusia," kata T Amri Fuad.

Menurutnya, perusahaan yang memanusiakan manusia adalah perusahaan yang pemenuhan K3-nya baik dan berkualitas. Yakni memenuhi standar K3, memenuhi sistem manajemen K3, bukan semata karena diaudit dan bukan semata karena atasan datang untuk inspeksi.

“Perusahaan melakukan itu sebagai bagian dari seluruh proses produksi barang dan jasa di perusahaan yang mengedepankan keselamatan dan kesehatan kerja. Karena itu, saya menghimbau serta mengharapkan juga perusahaan-perusahaan yang ada di kabupaten Pelalawan dapat meniru atau mencontoh K3 PT. RAPP," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pelalawan Zukri yang menjadi inspektur upacara dalam Bulan K3 di PT RAPP membacakan sambutan dari Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah. Dalam sambutannya Zukri mengatakan bahwa Peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2023 ini mengusung tema Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja.

"Peringatan ini menjadi momentum bagi kita akan pentingnya K3, guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif," ujarnya.

Ia mengatakan di sambutan Kemenaker itu bahwa pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul, tidak hanya didukung dengan adanya regulasi yang baik di bidang ketenagakerjaan, namun yang tidak kalah penting adalah meningkatkan pemahaman dan kesadaran kepada seluruh pihak dalam menerapkan norma ketenagakerjaan. Termasuk diantaranya membangun budaya K3, penerapan budaya K3 yang baik dapat menghindarkan kita dari risiko kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja, yang pada akhirnya akan terwujudnya pekerjaan layak.

"Karena itu, untuk dapat dikatakan sebagai pekerjaan layak, maka diharapkan dapat memenuhi 3 kondisi, yaitu; tersedia bagi semua orang pada usia produktif tanpa kecuali, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik, serta tanpa hambatan gender. Semua pekerja terlindungi secara sosial, termasuk mereka yang terlibat dalam kegiatan ekonomi informal dan semua pekerja tersalurkan suara dan aspirasinya melalui sistem dialog sosial yang berharkat secara kemanusiaan," ujarnya.

Lanjutnya, Zukri dalam sambutan tersebut, Menteri Ketenegakerjaan telah menyelesaikan Permenaker Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penetapan Standar Kegiatan Usaha dan/atau Produk pada Penyelenggara Perizinan Berusaha Berbasis Resiko Sektor Ketenagakerjaan. Semua perangkat regulasi ini ditargetkan mampu mendorong kemudahan berbisnis atau berinvestasi di Indonesia melalui penciptaan lapangan keja di sektor formal, sebagai upaya penurunan tingkat pengangguran di era pelambatan ekonomi global karena efek pandemi Covid-19.

"Dan K3 menjadi salah satu substansi yang menjadi pertimbangan dalam menetapkan pelaku usaha mempunyai tingkatan resiko dan berpengaruh terhadap perizinan berusaha," katanya

Sementara itu, Chief Operating Officer (COO) Mill Operation, APRIL Group, Eduward Ginting mengatakan APRIL dan APR memiliki komitmen serius dalam penerapan K3 di lingkungan perusahaan dan selalu berupaya untuk menjadi lebih baik.

"Perusahaan memiliki standar safety yang tinggi serta menerapkan reward dan punishment, yang bertujuan untuk mengapreasiasi pekerja agar memiliki kesadaran dan kepatuhan terhadap norma K3, serta penerapan K3 di bidang pekerjaan masing-masing," ujarnya.

Usai pelaksanaan apel, orang nomor satu di Kabupaten Pelalawan, Zukri, didampingi COO Mill Operation, APRIL Group Eduward Ginting, berkesempatan memberikan penghargaan pada tiap departemen yang ada di perusahaan tersebut, yang telah turut komitmen dalam menjaga K3 di lingkungan departemennya masing-masing. ***