SELATPANJANG - Pemkab Kepulauan Meranti sangat berkomitmen Bantuan Sosial (Bansos) Covid-19 untuk warga kurang mampu agar tepat sasaran, cepat, tepat dan akuntable serta tidak tumpang tindih, untuk memastikan penyaluran bantuan berjalan sesuai harapan dan memberikan manfaat besar kepada masyarakat, Pemkab Meranti memanfaatkan aplikasi Mata Bansos yakni sistem yang mempermudah penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 di kabupaten/kota se-Riau.

Hal itu terungkap dalam teleconfrence Pemkab Meranti dalam hal ini Sekda Meranti, Bambang Suprianto SE MM dengan Sekdaprov Riau, Yan Prana Jaya dan pihak BPKP Provinsi Riau, Selasa (16/6/2020).

Turut mendampingi Sekda Meranti, Inspektorat Meranti, Drs Suhendri MSi, Kabag Kominfo Meranti, Wan Fahriarmi, Kabid Sosial Dinas Sosial Meranti, Perwakilan Polres Meranti dan Bagian Humas Protokol Meranti.

Sekedar informasi, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Pemprov Riau berkolaborasi untuk membangun aplikasi "Mata Bansos", yakni sistem yang mempermudah penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 di kabupaten/kota se-Riau, khususnya yang bersumber dari bantuan keuangan Provinsi Riau Tahun 2020.

Aplikasi monitoring dana bantuan sosial ini merupakan yang pertama di Indonesia yang mengintegrasikan data penyaluran Bansos kepada masyarakat agar penyaluran dapat dilakukan dengan cepat, tepat dan akuntable.

Menyangkut hal tersebut dikatakan Sekda Meranti, saat ini Pemkab Meranti telah login ke aplikasi Mata Bansos Provinsi Riau namun sejauh ini masih menunggu verifikasi Dinas Sosial Provinsi Riau khususnya terkait data masyarakat penerima Bansos Provinsi Riau. Dari data yang dihimpun pihak kecamatan dan desa di 9 kabupaten se-Kabupaten Meranti jumlah penerima Bansos Covid-19 dari Pemprov sebanyak 11.350 warga.

Selanjutnya, Sekda Meranti Bambang Suprianto, sangat berharap Pemprov Riau selaku Administrator dapat segera memverifikasi data Bansos Kepulauan Meranti di aplikasi Mata Bansos, sehingga apa yang menjadi harapan masyarakat yakni penyaluran Bansos dapat segera dilakukan.

Setelah mendengarkan masukan dari Pemkab. Meranti, Sekdaprov Yan Prana, mengucapkan apresiasi kepada Pemkab. Meranti yang telah cepat tanggap memanfaatkan aplikasi Mata Bansos Provinsi Riau.

"Semoga penyaluran Bansos dari Provinsi Riau kepada masyarakat penerima manfaat dapat tepat sasaran, akuntable, dan dapat tidak tumpang tindih, terima kasih kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota," pungkas Sekdaprov Yan Prana.(rls)