TEMBILAHAN- Keseriusan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melanjutkan pemerataan pembangunan infrastruktur kembali dilakukan. Seperti untuk Program Infrastruktur Kota Kecamatan (IKK) khusus untuk Kecamatan Sungai Batang saja, diluar kecamatan lainnya se-Inhil, kembali akan dikucurkan Rp1 miliar, 2017 ini.

Hal ini disampaikan langsung Bupati Inhil, H M Wardan, saat meresmikan Pelaksanaan Program IKK di Kelurahan Benteng, Kecamatan Sungai Batang, Selasa (21/3/2017).

''Insha Allah tahun ini kembali anggaran sebesar Rp1 miliar telah kami tempatkan untuk IKK di Sungai Batang ini,'' katanya.

Pada kesempatan itu, Ia juga turut meresmikan berbagai program pembangunan yang telah dilaksanakan Pemerintah Desa melalui program Desa Maju inhil Jaya (DMIJ). Seperti dikatakannya pula, program DMIJ juga merupakan upaya Pemkab Inhil dibawah kepemimpinannya untuk mencapai pemerataan pembangunan.

''Perpaduan IKK dan DMIJ merupakan upaya kita bagaimana mengatasi berbagai masalah pembangunan yang dirasakan masyarakat selama ini. Dan inilah program prioritas kita,'' tegasnya.

Seperti dipaparkan orang nomor satu di Negeri Seribu Parit ini, dengan IKK diharapkan seluruh ibukota Kecamatan yang ada di Inhil dapat maju sejajar dalam infrastrukturnya, khususnya jalan.

''Ditunjang dengan DMIJ yang dapat pula membangun jalan-jalan desa, jembatan, serta banyak lainnya, tentu ini akan dapat saling bersinergi dalam pembangunan,'' lanjutnya.

Melalui Program DMIJ diharapkanny pula, jalan-jalan yang dibangun bisa menghubungkan antar desa hingga ke kecamatan. Dengan begitu, tentulah nantinya tidak akan ada lagi desa yang tidak bisa diakses melalui jalur darat.

''Seperti yang pernah saya kunjungi di Pelangiran beberapa waktu lalu, saya sendiri sempat sangsi dapat mengikuti seluruh rangkaian acara yang telah disiapkan. Masalahnya, ada 8 desa yang harus saya singgahi untuk memenuhinya dan ini sampai ke kecamatan tetangganya yaitu Teluk Belengkong. Alhamdulillah, melalui pembangunan yang telah dilakukan dengan DMIJ, dalam satu hari bisa tembus acara dilakukan di 8 desa. Seperti yang diungkapkan warga pada saya waktu itu, hal ini sudah bertahun-tahun tak pernah bisa,'' ujarnya puas.

Selain meresmikan dua program prioritas diatas, pada kesempatan itu Bupati Wardan juga menyerahkan bantuan 1 unit eskavator kepada Camat Sungai Batang, Hardiansyah. Selain itu, diserahkan pula bantuan 5 unit pompa pemadam kebakaran.

''Minggu depan eskavator ini sudah bisa dijemput ke Tembilahan. Dengan bantuan ini saya berharap, program penyelamatan kebun kelapa masyarakat kita dapat berjalan lebih maksimal,'' tukas HM Wardan.(adv)