KAMPAR - Untuk memenuhi kebutuhan air, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar dan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru membangun SPAM lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar yang bersumber dari pemanfaatan Air Sungai Kampar dengan kapasitas 1.000 Liter/ detik yang akan mensuplay Air Bersih ke kedua kabupaten kota secara bertahap.

Memulai Pembangunan ini, pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang berlokasi di Desa Kualu Kecamatan Tambang, yang didanai SPR Riau bekerja sama dengan PT PP Konstruksi dan PT Tirta Kampar, PT Tirta Siak dan Asosiasi Perumahan Nasional (Apernas) Riau.

"Pemerintah Kabupaten Kampar sangat mendukung program pembangunan SPAM dengan kapasitas 1000 liter perdetik ini, tak lain tak bukan untuk kesejahteraan rakyat," Kata Catur Sugeng Susanto SH MH yang diwakili oleh Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesra Setda Kampar, Ir Suhermi yang didampingi oleh Kepala Bagian Perekonomian Setda Kampar, Zamhur ST di Pangeran Hotel Pekanbaru, Selasa (8/2/2022).

Ditambahkan Suhermi, SPAM yang beroperasi tahun 2022 ini akan melayani Kecamatan Siak Hulu dan Kecamatan Tambang, serta 4 Kecamatan di Kota Pekanbaru semoga ini dapat segera di wujudkan dan beroperasi, selain keterlibatan BUMD seperti Tirta Kampar juga serapan tenaga kerja bagi masyarakat setempat.

Sementara itu Gubernur Riau, Drs Syamsuar MSi yang diwakili oleh Plt Asisten Kesra Setda Riau menyatakan Aryadi telah banyak anggaran yang telah dikeluarkan semoga segera beroperasi secara teknis telah dilakukan pemasaran, sosialisasi sehingga dapat menarik konsumen untuk menikmati spam lintas Pekanbaru - Kampar.

"Ini bukti bentuk kehadiran kita dalam memenuhi kebutuhan Masyarakat. Selain dapat dimanfaatkan oleh masyarakat juga kita menargetkan dunia usaha, kita melihat bahwa air yang dihasilkan sesuai dengan mutu dari Kementerian Kesehatan yang siap dan layak di minum," ungkapnya.

Senada dengan Gubernur Riau dan Bupati Kampar, Direktur SPR Riau, Fuadi Noor dan Achmad Sanusi Dirut PT PP Riau selaku pembangunan menyatakan tekad agar SPAM lintas Kampar ini dapat segera beroperasi untuk 6 Kecamatan di Kota Pekanbaru dan Kampar, produk 1000 liter/perdetik akan melayani kebutuhan air layak minum untuk masyarakat.***