PEKANBARU - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Yan Prana Jaya mengatakan, pemerintah pusat akan memberikan bantuan berupa anggaran untuk menyewa hotel bintang dua dan tiga, untuk tempat karantina isolasi mandiri bagi pasien positif Covid-19 di Provinsi Riau. Bantuan ini diberikan untuk mengatasi membludaknya pasien Covid-19 di Riau yang meningkat beberapa hari terakhir ini.

Saat ini, kata Yan Prana, pihaknya sedang mengkoordinasikan hotel bintang dua dan tiga yang akan dijadikan tempat isolasi mandiri tersebut. Walaupun saat ini, Pemprov Riau telah menyiapkan gedung-gedung pemerintahan dan pelatihan, untuk karantina.

"Kita mendapatkan informasi pemerintah pusat, akan membantu untuk hotel yang berbintang dua dan tiga, untuk dibiayai oleh Pemerintah bagi masyarakat atau bagi pegawai yang terkena covid-19. Hotel sedang kita cari, dan diminta asisten tiga mempelajari mana yang murah dan cukup banyak yang bisa kita sewa," jelas Sekda Yan Prana di Pekanbaru, Senin (14/9/2020).

Sementara itu terkait berapa banyak hotel yang akan digunakan masih dalam pembahasan. Termasuk apakah akan booking seluruh kamar atau tidak, juga masih dalam pembahasan. Karena hingga saat ini gedung tempat karantina pasien positif masih mencukupi. Namun secepatnya akan segera ditetapkan. 

"Kita lihat kebutuhan, kalau dapat janganlah banyak-banyak, yang penting masyarakat mentaati protokol kesehatan, kita bisa memutus rantai covid-19, dan bisa menghemat anggaran. Kasian tenaga medis, semuanya diakak orang capek mengatasinya. Pakai saja masker taati saja dan memutus rantai penularan," tukasnya. ***