SIAK - Kampanye dialogis Alfedri calon Bupati Siak nomor urut 2 yang juga kini tengah cuti dari jabatannya sebagai Bupati Siak disambut haru masyarakat Dusun Air Jambai, Kampung Jambai Makmur, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Riau. Sebab masyarakat tahu betul bagaimana Alfedri sudah berbuat untuk kemajuan kampung mereka. 


Hamzah Wardoyo (78), salah satu tokoh masyarakat di sana yang menangis haru melihat kedatangan Alfedri, Senin (12/10/2020) di rumah Sri Hariana. Apalagi Alfedri datang sekaligus menawarkan sejumlah program yang menyentuh kebutuhan masyarakat tempatan.

"Saya dulu yang membuka hutan di sini, tahun 1991 silam. Saya tahu betul dengan Pak Alfedri, banyak jasa beliau membantu kampung ini," kata Hamzah kepada wartawan, usai sesi foto bersama.

Saat menceritakan sosok Alfedri, tiba-tiba Hamzah sesengukan. Air matanya menetes dan ia langsung terhenti bicara sejenak. Kemudian ia melanjutkan, kampung Jambai Makmur dahulunya hutan, saat ini jalan sudah beraspal dan penduduk semakin ramai.

"Pak Alfedri harus dimenangkan. Siapapun yang mengganggu saya tidak tergoda lagi, walau pun gajah atau harimau yang mengganggu, pilihan saya tetap Pak Alfedri," kata dia.

Ia membayangkan kesusahannya saat awal tiba di kampung itu. Saat membuka hutan banyak rintangan dan kondisi sangat sulit. Namun pembangunan dari kabupaten selalu masuk ke kampung itu dari tahun ke tahun. 

"Pak Alfedri ini kader Pak Syamsuar. Beliau sudah berpengalaman dan sudah tahu seluk beluk kabupaten Siak ini, jadi walaupun sekarang Pak Syamsuar tidak mendukung Pak Alfedri, saya tetap tidak beralih, tetap ke Pak Alfedri," kata dia.

Ditanya kenapa ia meneteskan air mata saat ditanya tentang sosok Alfedri, jawabannya sederhana. Hanya Alfedri pemimpin yang sering datang ke kampungnya untuk menyerap aspirasi masyarakat.

"Saya percaya beliau. Saya orang tua di sini, termasuk orang yang pertama tinggal dan merawat kampung ini, tentu saya ingin kampung ini lebih maju lagi," kata dia.

Kampung Jambai Makmur termasuk kampung yang cepat berkembang di kecamatan Kandis. Hamzah dan seluruh warga setempat berharap Alfedri tetap menjadi orang yang berkomitmen ke depannya.

Sementara itu Alfedri memilih Jambai Makmur sebagai salah satu titik lokasi kampanyenya, karena ingin mendulang kemenangan di Kandis secara mutlak, pada kontestasi Pilkada Siak 9 Desember 2020. Ia mengatakan kampung Jambai Makmur tidak asing lagi baginya. Sebab, sejak menjadi camat Minas dan 2 kali menjadi wakil bupati Siak, Alfedri sudah sering berkunjung ke kampung itu.

"Kita komitmen dengan pembangunan infrastruktur. Kita niatkan menyelesaikan jalan poros desa ke desa di luar HPH dan HGU untuk 5 tahun mendatang," kata dia.

Selain itu, Alfedri juga menjamin layanan pendidikan bagi seluruh anak-anak di Siak hingga ke perguruan tinggi. Bahkan ia mempunyai program minimal 1 sarjana dalam 1 keluarga.

"Kita punya program beasiswa hingga ke perguruan tinggi. Kita juga punya program melahirkan 1000 UMKM baru," kata dia.

Pada kampanye itu, Alfedri juga mengajak masyarakat berdialog. Ia mencatat usulan-usulan warga. Pada hari yang sama Alfedri mempunyai 3 titik kampanye dialogis, mulai dari Jambai Makmur, Kandis Kota dan kampung Belutu. Alfedri merupakan pasangan calon bupati -wakil bupati nomor urut 2. Calon wakil bupati yang mendampinginya adalah Husni Merza.

Pasangan Calon ini diusung oleh partai PAN, NasDem, PKB, PPP dan Hanura. Sedangkan partai pendukung adalah Gelora, PKPI, Perindo dan Berkarya. ***