PANGKALANKERINCI - Sejumlah wilayah dibantaran Sungai Kampar mulai dilanda banjir. Kelurahan Langgam, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, mulai direndam banjir. Hal ini disebabkan oleh meluapnya air Sungai Kampar yang melewati daerah tersebut.

Banjir yang terjadi bukan kali ini saja, hampir setiap tahunnya sering terjadi saat musim penghujan. Bisa disebut jika Kelurahan Langgam, daerah bantaran sungai ini merupakan wilayah langganan banjir.

Informasi yang diperoleh GoRiau.com dari masyarakat setempat, beberapa unit rumah milik warga yang berada di sekitar Anjungan Ranah Tanjung Bunga, Kelurahan Langgam, sudah terendam banjir.

"Ketinggian air sudah mencapai setinggi lutut orang dewasa. Kalau hujan terus turun bisa dipastikan air akan semakin meninggi," kata Rano, Jumat (18/12/2015).

Diungkapkannya, selain merendam rumah-rumah warga, jalan utama di Kelurahan Langgam juga sudah terendam oleh banjir.

"Yang jelas, aktifitas masyarakat sudah mulai yterganggu. Akses jalan utama Kelurahan Langgam sudah tertutup banjir," ungkapnya.

Tak hanya terjadi di Kelurahan Langgam, banjir juga melanda di Desa Rantau Baru, Kecamatan Pangkalan Kerinci, yang mengakibatkan desa tersebut terisolasi. Satu-satunya akses jalan menuju desa tersebut putus total, terendam oleh luapan air Sungai Kampar setinggi 1,5 meter.

Sepekan lebih, jalan desa tersebut putus total. Untuk keluar masuk kampung masyarakat harus menggunakan sampan. Debit air Sungai Kampar dari hari ke hari terus naik dan belum menampakkan tanda-tanda akan surut.(***)