PANGKALAN KERINCI - Peduli dengan kesehatan masyarakat, Pelalawan Adventure Trail (PAT) menggelar aksi bagi-bagi masker gratis di Jalan Akasia, Kota Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Rabu (31/7/2019) sore.

Aksi sosial ini melibatkan para anggota dan pengurus PAT. Sebanyak 1.400 masker dibagikan kepada pengendara sepeda motor yang melintas.

Ketua PAT, Syafrizal SE mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian PAT terhadap kesehatan masyarakat atas kabut asap yang melanda wilayah Riau, khususnya Kabupaten Pelalawan dalam beberapa hari terakhir.

"Ini spontanitas kita. Melihat kondisi sekarang ini kita langsung bergerak membagi-bagikan masker dan Alhamdulillah warga juga antusias ketika kita bagikan masker," jelasnya, disela kegiatan pembagian masker gratis.

Syafrizal yang juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Kabupaten Pelalawan mengatakan, kabut asap yang melanda sudah sangat mengganggu kesehatan masyarakat.

"Kepada Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan, harus membuat langkah preventif terhadap penyakit yang dapat ditimbulkan akibat asap ini," imbaunya.

Dia juga mengimbau kepada Diskes Pelalawan untuk segera membentuk posko peduli asap, sebagai bentuk respon cepat atas penanganan dampak kabut asap.

"Tentu, ucapan terima kasih kepada BPBD dan Polres Pelalawan yang dalam beberapa hari ini aktif memadamkan api," ucapnya, kepada GoRiau.

Sebagai informasi tambahan, data Diskes Pelalawan tercatat jumlah penderita infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) di Kabupaten Pelalawan hingga Juli mencapai 721 orang.*