TELUKKUANTAN - Warga Tionghoa Kuantan Singingi (Kuansing), Riau menyalurkan sembako untuk masyarakat yang terdampak wabah virus corona atau Covid-19. Bantuan itu dipusatkan di 10 desa yang ada di Kecamatan Kuantan Tengah.

Rusli Yanto, Ketua Panitia Khusus Tionghoa Kuansing Peduli dan Berbagi menyatakan jumlah sembako yang disalurkan sebanyak 300 paket.

"Melihat kondisi ekonomi masyarakat saat ini yang kesusahan karena pandemi Covid-19, kami warga Tionghoa Kuansing merasa terpanggil untuk membantu sesama. Terutama, masyarakat yang terdampak dan tentunya mereka butuh bantuan. Karena itu, kami bentuk panitia untuk menyalurkan bantuan," ujar Rusli Yanto yang akrab disapa Asiong ini, Senin (11/5/2020) di Telukkuantan.

Agar bantuan ini tepat sasaran, Warga Tionghoa Kuansing telah berkoordinasi dengan pemerintahan desa setempat. Kemudian, bantuan tersebut langsung diantar oleh panitia bersama kepala desa.

"Sebagian besar bantuan sudah kita salurkan, tinggal beberapa desa lagi. Mereka yang kita bantu, benar-benar yang membutuhkan," ujar Asiong.

Adapun isi paket sembako yang disalurkan Warga Tionghoa Kuansing yakni beras 10 Kg, gula 1 Kg, mie instan 1o bungkus, minyak 2 liter, susu 1 kaleng dan teh celup 1 kotak. Nilainya sekitar Rp200 ribu per paket.

"Semoga bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19 dan kita berdoa agar wabah ini cepat berlalu," ujar Asiong didampingi dr. Soenho selaku wakil ketua panitia.

Sejak pandemi Covid-19 melanda Kuansing, memang sudah banyak pihak, baik swasta maupun komunitas yang telah menyalurkan bantuan. Ada bantuan yang disalurkan melalui Pemkab Kuansing dan ada juga langsung ke masyarakat.

Salah satunya adalah Warga Tionghoa Kuansing ini. Mereka membentuk panitia khusus dengan Lisa sebagai Sekretaris, Sryanto (Aan) sebagai Bendahara dan beranggotakan Andi Efendi (Kau Kia), Subejo, Yuslie, Herti Indrawati dan Skedar Sihura. Tujuan panitia ini untuk membantu pemerintah mengatasi persoalan sosial dan pastinya meringankan beban masyarakat.***