JAKARTA - Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) mengaku puas atas suksesnya penyelenggaraan Festival Wushu bertajuk Wufest Taolu Championship 2019 di Wisma Serba Guna, Senayan, Jakarta, 20-22 Desember 2019. Mereka juga melihat ada beberapa atlet potensial yang muncul dari event ini.

Namun, PB WI masih akan memantau para atlet itu, apakah prestasinya stabil atau justru malah turun. "Kami melihat ada beberapa atlet yang bagus dan cukup potensial. Tapi perlu dilihat lagi di kejuaraan-kejuaraan selanjutnya karena usia muda butuh banyak event agar stabil," ujar Wakil Sekjen PB WI Iwan Kwok usai acara penutupan, Minggu (22/12) malam.

Pihaknya juga puas melihat banyaknya peserta yang ambil bagian di festival ini. Meski edisi perdana dengan informasi yang singkat, namun animonya cukup nagus. "Dengan durasi persiapan yang singkat, tapi animo pelatih, atlet sangat bagus. Peserta lumayan banyak. Kami berharap tahun depan Wufest bisa digelar lagi dengan diikuti peserta yang lebih banyak, kan Wufest sudah dikenal lantaran adanya pemberitaan teman-teman wartawan yang cukup massif," terangnya.

Di sisi lain, Iwan juga memuji panitia, utamanya wartawan yang tergabung dalam Siwo PWI Pusat. Dia takjub wartawan tak hanya jago membuat berita, tapi juga mengkreasi acara Wufest. "Kami tak menyangka teman-teman wartawan tak hanya bisa nulis, tapi juga bisa bikin event. Kami harap event ini bisa lanjut mengingat event ini jadi lahan PB WI untuk mencari bibit. Akhir tahun ini banyak event, sehingga ada yang bentrok. Untuk tahun depan akan diatur lagi supaya tidak berbarengan," pungkasnya.

Acara penutupan Wufest Championship, selain dihadiri Iwan Kwok, juga ada Ketua Siwo PWI Pusat Gungde Ariwangsa dan Ketua Panitia Azhari Nasution. Ariwangsa didaulat untuk menutup festival.

Ariwangsa berpesan kepada para peraih medali agar tak puas diri karena perjalanan mereka masih panjang. "Selamat kepada juara, tapi ini baru awal karena masih banyak jenjang yang lebjh tinggi, nasional, Asia Tenggara, Asia dan dunia. Rawatlah dan tingkatkanlah prestasi yang sudah diraih di Wufest ini," pesan Ariwangsa.

Pihaknya ikut berterima kasih kepada PB WI yang bersedia memberikan karpet merah kepada Siwo untuk menyelenggarakan Wufest Championship. "Kami harap event bisa terus berlangsung sehingga Siwo ikut berperan dalam perjalanan wushu demi kejayaan Indonesia di tingkat internasional," ujar Ariwangsa. ***