PEKANBARU - Selama kampanye dua bulan terakhir ini, Calon Gubernur Riau Syamsuar tak pernag melewatkan blusukan ke pasar untuk menyerap aspirasi para pedagang.

Khusus di Kota Pekanbaru, Cagub Riau nomor 1 ini nampaknya menjadi harapan utama para pedagang untuk membawa perubahan lebih baik.

Dibuktikan dengan merapatnya perwakilan pedagang dari Pasar Sail, pasar Cik Puan, dan lainnya saat Syamsuar blusukan ke Pasar Inpres Jalan Agus Salim.

Ketua pedagang Pasar Sail, Indra Yudha mengaku sengaja datang ketika mendengar Syamsuar melakukan blusukan di Pasar Inpres Jalan Agus Salim.

"Kami datang meninggalkan dagangan karena mendengar bapak berkunjung ke mari. Kami berharap jika nanti bapak jadi gubernur bisa membantu mencarikan jalan keluar dari persoalan yang kami hadapi," kata Indra, Selasa (27/3/2018).

Dikatakan Indra, persoalan yang kini dihadapi pedagang di pasar Sail ini adalah sepinya aktivitas jual beli. Kondisi ini sudah bertahun-tahun terjadi tanpa ada solusi.

"Keberadaan swalayan yang menjamur du Pekanbaru dan menjual barang-barang sama dengan harga di pasar membuat pembeli tidak lagi memilih belanja ke pasar Sail atau mungkin pasar lainnya," sebut Indra.

Selain keberadaan swalayan, penyebab pedagang sepi karena adanya aktivitas jual beli pedagang kaki lima di tepi Jalan Hangtuah dan keberadaannya dibiarkan tanpa ada tindakan. Akibatnya pedagang yang menempati areal di Pasar Sail tidak mendapatkan pembeli.

"Jadi tren belanja dari atas kendaraan itu terjadi di Pasar Sail. Pembeli belanja tidak turun dari mobil dan penjual di pinggir Jalan Hangtuah itu yang menyodorkan barang untik beli," sebut Indra lagi.

Selanjutnya penyebab lain adalah maraknya pertumbuhan pasar-pasar kaget di berbagai tempat. Sehingga mempengaruhi tingkat kunjungan masyarakat yang berbelanja di pasar resmi.

"Katanya pemerintah Kota Pekanbaru akan melakukan penindakan terhadap pasar kaget. Namun kenyataan di lapangan aktivitasnya masih saja berlangsung. Kami tak tahu lagi mau mengadu ke mana. Besar harapan kami pada bapak untuk mengatasi masalah ini. Tolong kami pak," kata Indra.

Menanggapi aspirasi pedagang ini, Syamsuar akan memenuhi harapan pedagang. Jika jadi gubernur nanti, dia akan berkoordinasi dengan Pemko Pekanbaru.

"Kepedulian Pemprov Riau terhadap keberlangsungan pasar sangat penting mengingat di sini menjadi tempat pergerakan ekonomi masyarakat. Penataan pasar sangat perlu dilakukan demi terwujudnya jual-beli yang nyaman, aman dan menguntungkan semua pihak," kata Syamsuar. ***