SIAK - Sebanyak 46 stand bazar di Mushabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XVII Kabupaten Siak menampilkan berbagai macam hasil kerajinan dan olahan makanan serta produk unggulan daerah melalui masing-masing Kecamatan dan OPD di lingkup Pemkab Siak.

Stand bazar itu baru bisa dikunjungi Bupati Siak Syamsuar dan rombongan usai dibuka secara resmi Wabup Alfedri, bazar MTQ ke XVII Kabupaten Siak pukul 14.00 WIB, dilanjutkan pelepasan balon serta pengguntingan pita di gerbang masuk stand bazar oleh Ketua TP PKK Kabupaten Siak Misnarni dan Wakilnya Rosidah.

Pantauan GoRiau.com kegiatan bazar MTQ Kabupaten Siak ini sangat meriah. Bupati Syamsuar beserta istri, Wakil Bupati Alfedri beserta istri, Sekda Siak beserta istri, Ketua DPRD beserta istri, Dandim 0303 beserta istri mengunjungi satu persatu stand bazar dan mencicipi menu yang dihidangkan.

Di stand bazar Dinas Pertanian dan Perkebunan sejumlah hasil pertanian seperti jambu, nenas, buah labu, Pepaya dan lainnya ikut dipromosikan. Begitu juga dengan hasil kerajinan yang ditampilkan Dinas Koperasi.

Pelaksanaan MTQ ini dipusatkan di samping Masjid Sultan Syarif Hasyim Islamic Center Kota Siak Sri Indrapura. Dimana tahun ini yang menjadi tuan rumah adalah Kecamatan Siak.

Alfedri menyampaikan, melalui pameran bazar MTQ sangat tepat untuk kabupaten dan kecamatan menampilkan produk hasil kerajinan dan makanan sebagai upaya peningkatan ekonomi kemasyarakatan dan membangun sentra-sentra kerajinan sebagai basis ekonomi kerakyatan.

"Kita sama-sama mengetahui begitu banyaknya potensi daerah yang membutuhkan tangan-tangan terampil untuk mengemas potensi tersebut menjadi produk unggulan masing-masing kecamatan yang ramah lingkungan serta dapat meningkatkan nilai ekonomi bagi masyarakat,” ujar Alfedri.

Ditambahkannya, bazar ini merupakan salah satu upaya Pemkab Siak dalam memperkenalkan, mempromosikan dan memasyarakatkan produk unggulan daerah.

"Dengan kegiatan pameran dan bazar diharapkan masyarakat kita dapat lebih mengenal hasil produk daerahnya dan mencintai produk-produk karya masyarakat Siak sendiri. Saya yakin masyarakat Siak bisa mengembangkan ekonomi produktif dan kreatif yang tidak kalah dengan daerah lain," kata Alfedri.

Alfedri juga mengajak seluruh warga masyarakat kabupaten Siak, untuk dapat bersama-sama memanfaatkan momentum pelaksanaan pameran bazar ini, sehingga bisa mendapatkan menambah penghasilan keluarga. ***

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23112017/1jpg-6576.jpgWakil Bupati Siak, Alfedri membuka MTQ Kabupaten Siak tahun 2017

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23112017/2jpg-6575.jpgKetua TP PKK Siak Hj Misnarni didampingi Rasidah melepas balon ke udara sebagai tanda dibukanya stand bazar MTQ Kabupaten Siak tahun 2017

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23112017/3jpg-6574.jpgWakil Bupati Siak Alfedri dan Istrinya Rasidah mengunjungi stand bazar

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23112017/4jpg-6573.jpgMasyarakat sefie bareng Bupati Siak dan Dandim 0303 Bengkalis.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23112017/5jpg-6572.jpgWakil Bupati Siak Alfedri memberikan bibit tanaman kepada Siswa yang berhasil menjawab pertangaan kuis dengan benar.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23112017/6jpg-6571.jpgBupati Siak Drs H Syamsuar mengunjungi stand bazar dan mencicipi menu yang disiapkan tuan rumah

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23112017/7jpg-6570.jpgDandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Rizal Faisal H memberikan bibit pohon buah kepada Siswa yang berhasil menjawab pertanyaan kuis.