PEKANBARU - Berdasarkan citra satelit yang diterima Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pagi ini terpantau 16 titik panas dengan level confidence (kepercayaan) 50 persen di Provinsi Riau, Selasa (23/7/2019).

Sementara titik panas dengan level confidence diatas 70 persen di Provinsi Riau ada 10 titik, meliputi Kota Dumai 5 titik, Kabupaten Bengkalis 3 titik, Siak 1 titik, dan Rokan Hilir 1 titik.

Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sukisno mengatakan, berdasarkan data dari Prakirawan BMKG, cuaca di Riau pagi hari cerah berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang tidak merata terjadi disebagian wilayah Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti dan sebagian Indragiri Hilir.

"Siang hari nanti cuaca cerah berawan. Sedangkan pada sore sampai malam hari nanti cuaca cerah berawan. Potensi hujan ringan tidak merata dan bersifat lokal terjadi disebagian wilayah Kabupaten Pelalawan, Siak, Kampar dan sebagian Kota Pekanbaru," ungkapnya.

Untuk tinggi gelombang di perairan Riau pada umumnya berkisar antara 0,2 meter sampai 1,25 meter. Meskipun demikian, nelayan tradisional untuk terus waspada mengantisipasi perubahan tinggi gelombang di laut.

"Untuk suhu udara hari diperkirakan bisa mencapai 33 derajat celcius, dengan kecepatan angin mencapai 30 km per jam. Untuk cuaca panas ini, masyarakat diminta untuk tetap menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi air putih lebih banyak," jelas Sukisno kepada GoRiau.com. ***