TELUKKUANTAN - Dalam berbagai kesempatan, Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau Mursini selalu menyampaikan bahwa iven pacu jalur dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia.

Namun, hal itu nampaknya tak tergambar pada saat pembukaan pacu jalur di Lapangan Limuno, Rabu (29/8/2018). Dimana, tak ada bendera merah putih yang dikibarkan Mursini. Lokasi tiang bendera tepat berada di depan pendopo Limuno.

Kondisi ini tentu berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana, bendera selalu dikibarkan saat pembukaan pacu jalur. Terlebih, upacara pembukaan dihadiri pihak Kementerian Pariwisata, Gubernur Riau hingga tamu dari kabupaten tetangga.

"Kita sangat menyayangkan tidak dinaikkannya bendera merah putih. Saya rasa, pembukaan pacu jalur ini sangat sakral. Apalagi dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT RI," ujar Robi, warga Kuansing yang menyaksikan pembukaan pacu jalur.

Robi dan warga lain mengaku terpukau dengan berbagai atraksi pada pembukaan pacu jalur. Apalagi ada tarian massal dengan tema 'dek basamo mako kan jadi'.

"Sayangnya, pembukaan ini terasa hambar karena tak dikibarkannya bendera merah putih," ujar Robi.

Untuk diketahui, Festival Pacu Jalur 2018 dibuka secara resmi oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Hadir juga Mafirion, Anggota DPR RI serta Bupati Kuansing dua periode H. Sukarmis. ***