PEKANBARU - Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera (P3ES) membagikan 60 paket sembako kepada warga yang kondisi ekonominya memburuk akibat wabah virus corona.

Kepala P3ES Drs Amral Fery, MSI, mengatakan, dana untuk pembelian 60 paket sembako tersebut merupakan sumbangan sukarela dari para pegawai P3ES.

''Para pegawai kita tergugah untuk membantu warga yang ekonominya terganggu akibat wabah Covid-19, sehingga mereka menyisihkan sebagian rezekinya secara sukarela,'' kata Amral di Kantor P3ES di Pekanbaru, Jumat (3/4/2020).

Sebanyak 60 paket sembako tersebut, terang Amral, dibagikan kepada pengemudi ojek online, tukang ojek pangkalan dan pengemudi angkutan umum. ''Mereka sangat terdampak wabah virus corona, sehingga patut kita bantu,'' ujarnya.

Masing-masing paket sembako tersebut, jelas Amral, berisi beras 5 kg, telur ayam 1 papan, minyak goreng 1 liter dan mi instan 10 bungkus.

''Barang-barang tersebut sengaja kita beli di kedai-kedai kecil, agar pemilik kedainya juga bisa terbantu, karena dagangannya bisa banyak terjual,'' ujarnya.

Selain membagikan 60 paket sembako kepada para pengemudi ojek online, tukang ojek dan sopir angkutan umum, P3ES juga membagikan nasi bungkus kepada 60 petugas kebersihan.

''Nasi bungkus itu kami beli di rumah makan terbilang cukup besarlah. Nasi dan lauknya sengaja dipisahkan, sehingga tidak akan basi kalau mereka bawa pulang. Mungkin saja mereka sudah makan saat nasi bungkus kami bagikan atau ada yang membawa nasi dari rumah, sehingga nasi yang kami bagikan tak termakan siang itu, dan bisa dibawa pulang,'' imbuhnya.

Amral menambahkan, P3ES berencana akan membagikan nasi bungkus setiap minggu, minimal kepada 30 orang yang dianggap termasuk kelompok yang kondisi ekonominya melemah karena terdampak virus corona.

''Walaupun bantuan kami nilainya tidak seberapa, mudah-mudahan bisa menolong meringankan beban mereka yang penghasilannya menyusut gara-gara virus corona,'' imbuhnya.

Amral berharap instansi lainnya tergugah membantu kelompok masyarakat yang terdampak virus corona. ''Semakin banyak yang peduli, tentu semakin banyak yang tertolong,'' tandasnya.bas