SOLO - Melihat perolehan medali yang diraih Kontingen Para Games Indonesia, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Chandra Bhakti optimistis Kontingen Merah Putih bisa mempertahankan gelar juara umum pada  ASEAN Para Games 2022 Solo.

Hingga hari ketiga penyelenggaraan ASEAN Para Games XI 2022, Senin (1/8/2022), Indonesia terus memimpin daftar perolehan medali sementara dengan mengoleksi 15 medali emas, 10 perak dan 9 perunggu.

“Kalau dilihat sampai hari ini kita masih on the track. Perolehan medali emas yang diraih sudah sesuai dengan prediksi,” kata Chandra Bhakti usai mengalungkan medali pada atlet para power lifting putri Indonesia, Ni Nengah Widiasih yang sukses meraih medali emas.

Optimistis Chandra itu cukup beralasan. Pasalnya, cabang olahraga unggulan Indonesia sudah memproduksi medali emas. Di Power lifting, Indonesia mendulang 2 emas. Disusul cabor para renang yang memasok 7 medali emas.

“Memang kita sudah duga Ni Nengah dapat emas begitu juga sama Eneng. Jadi bisa dapat di dua nomor, harapan kami Insha Allah diangkat berat ini bisa juara umum. Itu sudah kita prediksi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Chandra Bhakti pun berharap pada cabor lainnya Indonesia bisa mendominasi. Dengan begitu target mempertahankan gelar juara umum ASEAN Para Games bisa didapatkan.

“Kita berharap dari para atletik jadi lumbung medali, tenis meja, catur bahkan catur itu Kamboja yang menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2023 sudah mengirim atletnya ke Indonesia untuk belajar. Kita berharap dari cabor-cabor tersebut kita bisa mendulang sebanyak-banyaknya dan keluar sebagai juara umum,” ujar Chandra Bhakti.

“Jadi mohon bantuan untuk terus suport atlet Indonesia agar bisa meraih medali emas sebanyak-banyaknya dan kita bisa keluar sebagai juara umum,” pungkasnya.

Selain berkeliling ke venue-venue untuk memberikan motivasi kepada atlet Indonesia yang akan bertanding, Chandra Bhakti tidak lupa menikmati minuman jamu tradisional Solo untuk menjaga tubuhnya tetap bugar.

"Setiap hari, saya selalu mengkonsumsi jamu tradisional seperti beras kencur dan lain-lain yang disediakan pihak hotel. Itu resep saya untuk tetap menjaga kebugaran," ujarnya. ***