SIAK SRI INDRAPURA - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Siak kini tak hanya dari kalangan orang dewasa. Ternyata anak-anak sekolah setingkat SMA sederajat sudah mulai melirik keuntungan dari menekuni usaha di bidang fashion, desain, seni rupa dan kuliner.

Pada bidang fashion dan desain ada baju buatan dari kreasi anak SMA N 2 Siak dan jilbab karya SMK N 1 Siak yang sudah dipamerkan dalam berbagai iven yang diselenggarakan oleh Pemkab Siak dan Riau Ekspo yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi. 

Pj Sekda Siak, Jamaludin mengatakan pelajar di Siak ini juga sangat kreatif dalam seni rupa seperti membuat lukisan dari triplek sweet yang bahan pengolahannya dari limbah kayu. 

"Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kabupaten Siak juga melakukan pemberdayaan terhadap pelaku usaha melalui program pengembangan kewirausahaan dan keunggulan kompetitif usaha kecil menengah melalui kegiatan pelatihan kewirausahaan, fasilitasi bantuan pengurusan sertifikasi halal," kata Jamaludin, Selasa (6/8/2019).

Tidak hanya itu, kata Jamal, Dinas Koperasi dan UMKM juga memfasilitasi mengenai informasi peningkatan kualitas produk dengan cara monitoring terhadap beberapa pelaku usaha yang ada di 14 Kecamatan.

"Serta memberikan informasi Kredit Usaha melalui PTPN V dan melakukan koordinasi kepada OPD terkait seperti Dinas Kesehatan tentang peningkatan pengurusan PIRT, laik heginis dan pengurusan Izin Usaha Mikro Kecil," sebutnya lagi. 

Jamal juga memaparkan pelaku usaha ekonomi kreatif dibidang Kuliner seperti pembuatan kerupuk tempe, kerupuk cabe, kerupuk pare, kulit ubi, rengginang, stik ubi ungu, bolu komojo, kue kasidah, roti canai, roti jalo. 

Bidang kerajinan seperti tali striping, tenun siak, batik siak, tanjak, mainan kunci, aksesoris jilbab, miniatur kapal, miniatur mobil-mobilan, bunga sabun, miniatur rumah kaca dan lain-lain.***