SIAK - Musrenbang Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak,Riau dengan tema percepatan pemulihan ekonomi melalui pengembangan sektor pertanian, UMKM, ekonomi kreatif dan pariwisata yang berdaya saing dibuka langsung oleh Bupati Siak Alfedri. Dalam kesempatan itu, Alfedri menegaskan pembuatan KTP dan KK tahun 2021 ini tuntas hingga kantor Camat.

Alfedri menyampaikan Musrenbang ini mampu merumuskan program kampung untuk diusulkan di Musrenbang kabupaten. Dari 14 Kecamatan se Kabupaten Siak, sudah 10 Kecamatan yang melaksanakan musrenbang.

"Alhamdulillah, ini Musrenbang yang ke 10, namun saya tidak bisa mengikuti semua kegiatan itu. Musrenbang ini sangat strategis karena mampu mensingkronkan program dari bawah, Bottom Up, " ucap Alfedri, Jumat(26/2/2021).

Sesuai dengan visi dan misi yang dituangkan di dalam RPJMD kepemimpinannnya mendatang, Alfedri menyampaikan bagaimana menciptakan pelayanan yang cepat dan memudahkan masyarakat.

"Saya sudah rapat dengan camat, dinas pendudukan bagaimana tahun ini KTP, KK dan akte Kelahiran cukup diselesaikan di kecamatan masing-masing. Termasuk menggesa smart Kampung," ungkapnya.

Selanjutnya, disiapkan kelembagaannya, sarana prasarana secara tahapan, termasuk di bentuk UPT dan personilnya, serta anggarannya.

Masih kata Alfedri, melaksanakan program pembangunan ada ukuruannya, yaitu IPM (Indeks Pembanguan Manusia). Ukurannya keberhasilan pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

"IPM kita termasuk tertingi di Riau, setelah Pekanbaru dan Dumai. Tetapi tahun 2020 turun 0,7 tak sampai 1 persen. Karena Covid 19 indeksnya jadi turun," jelasnya.

Dalam Musrenbang itu ia berharap kepada penghulu yang mengusulkan program memiliki skala proritas dan mengakomodir kepentingan masyarakat.

Camat Dayun Novendra mengatakan usulan yang berasal dari kampung sudah direkap dan dimasukan ke SIPD, usulan yang berasal dari kampung sudah dikerucutkan sesuai dengan visi dan misi Bupati Siak terpilih.

"Kami telah mengikuti petunjuk dari Pemkab Siak, dan merekap setiap usulan, namun usulan yang masuk masih di dominasi program infrastruktur," terangnya.

Musrenbang yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Siak Fairus Ramli, Anggota DPRD Siak Sunarto, Kepala Bappeda Wan Yunus, Camat Dayun Novendra Kasmara, sejumlah pimpinan OPD, Penghulu se-kecamatan Dayun, dan kepala Bapekam serta tokoh masyarakat ini tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, mencuci tanggan dan memakai masker.***