PEKANBARU - Musyawarah Daerah (Musda) perdana yang dilakukan Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) Provinsi Riau berlangsung sukses. Acara digelar Hotel Novotel lantai 5 ruang Mawar 1, Jalan Riau, Pekanbaru, Minggu (13/1/2019) dan dibuka oleh Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Riau, Tarjoko SPd, MM.

Ketua Panitia, Benny, dalam sepatah katanya menyebutkan bahwa lewat Musda ini diharapkan bisa menyamakan persepsi para anggota serta bisa bersatu hati dalam menyukseskan Musda perdana Permabudhi Riau ini.

Sementara itu, Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Riau Tarjoko SPd MM dalam sambutannya, Ormas dibentuk oleh masyarakat dengan sukarela dengan visi dan misi yang sama.

"Permabudhi lahir dari aspirasi berbagai lembaga keagamaan Buddha dalam menyatukan visi dan misi yang sama. Permabudhi ini diharapkan bisa menjadi perekat berbagai komponen Buddhis dalam suasana kerukunan sekaligus menjadi mitra pemerintah dalam membina umat Buddha hingga ke pelosok daerah serta mendukung para guru pendidikan agama Buddha sebagai ujung tombaknya melalui bantuan dana paramita,'' terang Tarjoko.

Selain itu, ia berharap Permabudhi benar-benar aktif menjalankan program yang telah ditetapkan dan disusun.

''Kita harapkan, Permabudhi benar-benar memberikan manfaat bagi umat Buddha khususnya dan bangsa Indonesia secara umum. Dengan munculnya Permabudhi diharapkan bukan sebagai tandingan, tapi justru bisa sebagai sinar terang, mempereratkan, menjembatani persatuan dan kesatuan,'' lanjut Tarjoko.

Dengan dilantiknya nanti ketua terpilih Permabudhi, Tarjoko berharap semua organisasi bisa diundang.''Yang terpenting kerukunan,'' pungkasnya

Usai memberikan sambutan, Tarjoko secara resmi membuka kegiatan Musda I Permabudhi Riau yang ditandai dengan pemukulan gong.

Usai pembukaan Musda I Permabudhi Riau, dilanjutkan kegiatan pengenalan Permabudhi.Adapun lembaga keagamaan Buddha di Riau yang sudah tergabung dalam Permabudhi Riau diantaranya,Majelis Pandita Buddha Maitreya Indonesia (Mapanbumi), Majelis Buddhayana Indonesia (MBI), Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia (Tzu Chi), Majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma Indonesia (MNSBDI), Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia (Magabudhi) dan Generasi Muda Buddhis Indonesia (Gemabudhi).

Turut hadir utusan DPP Permabudhi, Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Riau, dan para pimpinan majelis dan lembaga keagamaan Buddha yang ada di Pekanbaru. ***