TEMBILAHAN -Tim Reaksi Cepat (TRC) Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, mengevakuasi seekor buaya muara yang muncul di pemukiman warga, Minggu (7/11/2021).

Buaya berukuran sekitar 2 meter tersebut berhasil dievakuasi petugas dari kolam yang berada di Jalan Suhada 2, RT 02 RW 03, Kecamatan Tembilahan Hulu.

Sejak pukul 09.30 Wib, petugas sudah berada di lokasi untuk menunggu kemunculannya. Proses evakuasi ini pun menjadi totntonan warga.

Hingga akhirnya proses evakuasi baru terlaksana sekitar pukul 11.00 Wib. Proses evakuasi pun berlangsung sangat menegangkan.

Apalagi tim hanya menggunakan alat yang sederhana, sehingga proses evakuasi hewan buas ini berjalan cukup lama.

Seorang anggota TRC mengalami cedera ringan pada saat proses evakuasi ini berlangsung, setelah kaki tertusuk kayu. Tim medis Damkar langsung melakukan penanganan terhadap anggota yang terluka.

Kepala DPKP Inhil, Eddiwan Shasby mengatakan, pihaknya menurunkan 1 unit mobil TRC dan 1 unit mobil ambulance setelah mendapatkan laporan dari seorang warga.

"Kita tindak lanjuti laporan dari masyarakat. Kita instruksikan kepada seluruh anggota Damkar Inhil untuk mengevakuasi buaya tersebut," ungkapnya.

Eddiwan mengapresiasi anggotanya yang berhasil mengevakuasi buaya, begitu juga kepada masyarakat yang telah percaya dan memberikan info kepada DPKP Inhil.

"Alhamdulillah dengan pengalaman dan kerjasama tim, buaya itu dapat dievakuasi oleh," terangnya, yang turun langsung ke lokasi mendampingi tim.

Eddiwan mengimbau kepada seluruh masyarakat Inhil agar menghubungi DPKP Inhil jika ingin mengevakuasi binatang berbahaya seperti, ular, biawak, buaya, tawon dan kebakaran ke nomor 0768 244 88.

"Saat ini buaya tersebut masih diamankan di Mako Damkar Inhil. Selanjutnya akan dikoordinasikan dengan BBKSDA," pungkasnya, kepada GoRiau.com.***