PEKANBARU - Area Car Free Day atau yang dikenal dengan sebutan CFD di Jalan Diponegoro dan Jalan Gajah Mada, Kota Pekanbaru, Riau yang sedianya digunakan oleh masyarakat untuk berolahraga di pagi akhir pekan, akan ditiadakan untuk sementara waktu.

CFD ini ditiadakan karena jalur Jalan Diponegoro dan Jalan Gajah Mada yang seharusnya digunakan masyarakat untuk berolahraga, malah dipadati oleh para pedagang dan dinilai merubah fungsi area CFD dari tempat berolahraga menjadi pasar.

Hal ini disampaikan oleh Kasatlantas Polresta Pekanbaru, Kompol Rinaldo Aser melalui KBO Satlantas Polresta Pekanbaru, Iptu Fandri saat dihubungi GoRiau.com melalui selularnya, Sabtu (22/7/2017) siang. "Mulai Minggu (23/7/2017) besok CFD kita tiadakan," katanya.

Fandri menuturkan, area CFD di Jalan Diponegoro dan Jalan Gajah Mada ini akan dilakukan peninjauan ulang dan akan dibicarakan dengan instansi terkait dari Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

"Pasalnya, CFD di Jalan Diponegoro dan Jalan Gajah Mada ini sudah beralih fungsi, yang seharusnya menjadi tempat untuk berolahraga berubah menjadi pasar karena banyaknya pedagang," terangnya.

"Untuk itu, kita akan bicarakan dengan Pemko Pekanbaru, agar area CFD bisa kembali digunakan dan nyaman bagi masyarakat untuk berolahraga," sambungnya.

Memang, belakangan ini antusias masyarakat untuk datang ke area CFD di Jalan Diponegoro dan Jalan Gajah Mada kian meningkat, yang kemudian dimanfaatkan oleh para pedagang dan sejumlah penyedia jasa untuk menawarkan produknya.

Semakin padatnya pedagang yang menggunakan trotoar dan bahkan hingga bahu jalan untuk menggelar lapaknya, membuat masyarakat yang ingin berolahraga ke CFD justru terganggu kenyamanannya.

Masih kata Fandri, CFD di Jalan Diponegoro dan Jalan Gajah Mada akan ditiadakan sampai waktu yang belum bisa ditentukan, karena akan dikoordinasikan bersama Pemko Pekanbaru.

"CFD Jalan Diponegoro dan Jalan Gajah Mada kita tiadakan sampai waktu yang tidak ditentukan, menunggu hasil koordinasi dengan pihak Pemko Pekanbaru," pungkasnya.***