PEKANBARU, GORIAU.COM - Menyikapi konflik antara Komisi Pemberantasan Korupsi dengan Polri, DPP Masyarakat Pancasila Indonesia (MPI) Riau meminta masalah itu diselesaikan secara arif dan bijaksana agar tidak terulang kasus Cicak vs Buaya jilid II.

''Kami DPP MPI Riau yakin dan percaya terhadap kinerja yang dilakukanya Polri. Itu telah maksimal, yakni kirimkan anggota penyidik terbaiknya untuk membantu KPK. Dan yang sekarang menimpa Komisaris Polisi (Kompol) Novel Baswedan itu miskomunikasi,'' kata Ketua DPP MPI Riau Rumonda Mulhaq NS SPi, Rabu (10/10/2012) kepada wartawan didampingi anggotanya yang diantaranya Oscar Nikolas, Anjar, Taufik Hidayat, dan M Yudin seusai mengadakan audiensi di Mapolda Riau yang diterima Kabag Humas AKBP Anggoria Lopis.

Rumonda mengatakan, audiensi dilakukan DPP MPI Riau ini bertujuan menyikapi konflik antara Komisi Pemberantas Korupsi dengan Polri. ''DPP MPI Riau meminta masalah itu diselesaikan secara arif, supaya tidak terulang kasus cicak vs buaya jilid II,'' katanya.

Dikatakanya, sehubungan dengan maraknya pemberitaan mengenai kekisruhan antar dua lembaga penegak hukum (Polri dengan KPK, red) itu. Maka, dirasakan sangat perlu pemberantasan korupsi harus dilakukan secara sinergi diantara Polri dengan lembaga penegak hukum lain.

''Pemberantasan korupsi memang harus dilakukan secara bersinergi oleh penegak hukum bersama seluruh komponen elemen masyarakat lainnya, terlebih lagi masalah korupsi. Terkait kasus Novel inikan hanya miskomunikasi,'' katanya.

Di kesempatan audiensi di Mapolda Riau yang diterima Kabag Humas AKBP Anggoria Lopis itu terlihat DPP MPI Riau menyerahkan pernyataan sikap kepada Kabag Humas AKBP Anggoria Lopis. Pernyataan sikap diserahkan DPP MPI Riau itu berisikan lima poin.

''Tadi kami menyerahkan pernyataan sikap berisikan lima poin. Yang intinya, kami dari MPI sebagai ormas meminta terbina kerjasama antar institusi penegak hukum untuk memberantas tindakan kejahatan,'' katanya sambil berujar, audiensi dilanjutkan Senin pekan depan.

Sementara itu Kabag Humas Polda Riau AKBP Anggoria Lopis mengatakan, sangat berterima kasih atas audiensi dalam hal kepedulian dari DPP MPI Riau dalam konflik Polri dan KPK. Pada prinsipnya, Polri akan bekerja sesuai aturan. (rdi)