PEKANBARU - Terhitung sejak Maret lalu hingga saat ini, sembilan dari 12 kabupaten dan kota di Provinsi Riau telah terdapat kasus positif Covid-19. Sedangkan, tiga daerah lainnya sampai saat ini masih nihil kasus positif Covid-19. Ketiga daerah itu yakni Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Kuantan Singingi (Kuansing) dan Kepulauan Meranti.

"Sampai saat ini ada tiga wilayah di Riau yakni Rohil, Kuansing dan Kepulauan Meranti yang belum ada kasus positif Covid-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir di Gedung Daerah Provinsi Riau, Senin (4/5/2020).

Karena itu, pihaknya berharap agar ketiga daerah itu terus melakukan antisipasi dini terhadap penularan virus Corona ini.

"Kita berharap tiga daerahitu jangan sampai ada kasus. Makanya dari sekarang perlu tingkatkan lagi antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19 oleh pemerintah setempat," harapnya.

Lebih lanjut Mimi menyampaikan, saat ini di Riau memiliki 53 kasus positif Covid-19. Kasus tertinggi berada di Pekanbaru sebanyak 21 kasus.

"Secara akumulasi dari 53 kasus positif di Riau, Pekanbaru yang paling tinggi sebanyak 21 kasus," sebutnya.

Selain Pekanbaru, sebut Mimi, kasus tertinggi kedua berada di Kota Dumai, yang saat ini berjumlah sebanyak 13 kasus. Kemudian Inhil terdapat 5 kasus dan Pelalawan 4 kasus.

"Lalu Bengkalis terdapat 4 kasus, Kampar ada 3 kasus. Selanjutnya Rohul, Siak, Inhu masing-masing 1 kasus," tetangnya.

Mimi menambahkan dari total 53 kasus di Riau, sebanyak 26 kasus dinyatakan telah sembuh setelah dua kali tes swab dinyatakan negatif virus. "Kemudian 22 pasien masih dirawat dan 5 pasien meninggal dunia," tukasnya.***