BANGKINANG - Kabar menggembirakan datang dari Kampar. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, Dedy Sambudi mengatakan kasus penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Kampar mengalami tren penurunan.

Hal ini diungkapkan Kadiskes Kampar ini kepada GoRiau.com, Sabtu (19/12/2020).

"Alhamdulillah kasus baru Covid-19 di Kabupaten Kampar mengalami tren penurunan," kata Dedy Sambudi.

Meski begitu, ia meminta agar Satgas tidak abai dalam menegakkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19. Selain itu ia juga menghimbau masyarakat untuk tetap mematuhinya, karena penerapan prokes masih wajib.

‚ÄĚProtokol kesehatan tetap berjalan, tak ada pengecualian dan tidak ada pengurangan atensi. Sanksi dan hukuman bagi pelanggar tetap berlaku. Maka kami mengimbau masyarakat tetap jaga kesehatan, terapkan protokol kesehatan untuk kebaikan bersama. Kalau tidak, kita akan sulit keluar dari pandemi ini. Dan jangan lupa, sanksi masih berlaku bagi para pelanggar," ujarnya.

Dedy Sambudi juga menyebutkan, turun naiknya kasus baru Covid-19 sangat bergantung pada kedisiplinan masyarakat. Baik mereka yang keluar masuk daerah, maupun mereka yang tidak patuh prokes. Untuk sepekan terakhir, tren penemuan kasus baru terus menunjukkan penurunan. Namun itu tidak boleh membuat siapaun jadi abai menjaga dirinya dari paparan Covid-19.

"Kalau kita abai, ini bisa saja ada peningkatan lagi. Kalau sekarang iya kita bisa lihat statistik. Pengambilan sampel bagi yang terindikasi terus dilakukan, trennya menurun. Tapi kalau kita abai, bisa saja naik lagi. Maka tetaplah waspada, dengarkan instruksi pemerintah. Karena harapan kita pandemi ini cepat berlalu hingga kita bisa fokus pada hal-hal lain juga butuh prioritas saat ini," kata Dedy.

Kadiskes Kampar menambahkan bahwa menjelang libur natal dan tahun baru, Tim Satgas Penanggulangan Covid-19 akan membentuk posko pengawasan. Posko direncanakan digabung dengan posko mudik natal dan tahun baru.

Adapaun posko yang direncanakan di empat titik tersebut adalah di Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar, Simpang Petapahan, Kecamatan Tapung, lapangan Merdeka Kota Bangkinang dan SPBU Simpang Pandau Jaya Siak Hulu. ***