PEKANBARU - Guyuran hujan membasahi hampir seluruh daerah Provinsi Riau pada Jumat (16/8) pada sekitar pukul 04.00 Wib. Namun, Kota Dumai dan Indragiri Hulu masih diselimuti kabut asap.

"Dini hari jelang subuh tadi hujan. Pagi hari ini kondisi berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang terjadi di sebagian Siak, Pekanbaru, Kampar, Kuansing dan sebagian Pelalawan," Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Marzuki, Jumat (16/8/2019).

Marzuki menyebutkan, hujan tersebut memang menghilangkan kabut asap di Pekanbaru, namun Kota Dumai dan Indragiri Hulu memang diselimuti asap.

"Jarak pandang juga terbatas. Di Dumai 3 kilometer sementara di Indragiri Hulu 5 kilometer," ucap Marzuki.

Ads
Sementara itu, satelit Terra Aqua mendeteksi 9 titik panas atau hotspot di Riau dan tersebar di 3 wilayah yakni di Pelalawan 4 titik, Inhil 4 titik dan Inhu 1 titik.

Dari jumlah itu, 7 titik di antaranya memiliki level konfidence di atas 70 persen. Artinya, level tersebut dipastikan adalah kebakaran hutan dan lahan.

"7 titik api tersebut terdetekso di Pelalawan 3 titik, Inhil 3 titik dan Inhu 1 titik," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau, Edwar Sanger mengatakan, luas lahan yang terbakar sejak awal Januari hingga hari ini mencapai 5.210.38 hektare.

"Kamis kemarin, kebakaran lahan terjadi di Indragiri Hulu 2 ha, Pelalawan 14 ha, Indragiri Hilir 22 ha dan Bengkalis, 10 ha," ucap Edwar.

Sementara pada Kamis (15/8) kemarin, sebanyak 69 titik panas yang menjadi indikasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan terpantau di Riau. Jumlah ini meningkat dibanding hari sebelumnya.

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Marzuki mengatakan titik panas tersebut tersebar di 9 daerah.

"Di Bengkalis 2 titik, Kepulauan Meranti 7 titik, Kampar 2 titik, Kuansing 2 titik, Pelalawan 31 titik, Rohil 1 titik, Siak 10 titik, Inhil 13 titii dan Inhu 1 titik," katanya.

Dari jumlah tersebut, 39 titik di antaranya dipastikan adalah kebakaran hutan dan lahan. Hal ini karena 39 titik itu berada di level konfidence di atas 70 persen sehingga bisa dipastikan itu adalah titik api.

"39 titik itu tersebar di Bengkalis 1 titik, Meranti 6 titik, Kuansing 1 titik, Pelalawan 17 titik, Siak 7 titik, Inhil 6 titik dan Inhu 1 titik," jelasnya. (gs1)