TELUKKUANTAN - Sebagai bentuk kepedulian atas budaya pacu jalur, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau memberi dukungan penuh terhadap jalur Meriam Onggang Parau dan Kalojengking Tigo Jumbalang.

Meriam Onggang Parau berasal dari Kepala Pulau Kecamatan Kuantan Hilir. Jalur ini pernah keluar sebagai runner up pada iven pacu jalur nasional tahun 2014.

Sementara, jalur Kalojengking Tigo Jumbalang berasal dari Sungai Manau Kecamatan Kuantan Mudik. Jalur ini pun pernah menorehkan prestasi di Tepian Narosa Telukkuantan.

Menurut Adam, Ketua KNPI Kuansing, pembinaan terhadap dua jalur tersebut merupakan bentuk kepedulian pemuda terhadap pacu jalur. Sebagai bagian dari masyarakat Kuansing, KNPI bertanggungjawab atas kelangsungan budaya pacu jalur.

"Alhamdulillah, kemaren sudah kita serahkan baju beserta uang pembinaan kepada jalur Meriam Onggang Parau di Baserah," ujar Adam melalui Rengga Syaputra, Sekretaris KNPI Kuansing, Selasa (28/8/2018) pagi di Telukkuantan.

Baju serta uang pembinaan tersebut diserahkan Rengga Syaputra kepada pengurus jalur Meriam Onggang Parau.

"Harapan kita, semoga dua jalur ini bisa mengukir prestasi di Tepian Narosa. Seperti jalur mini Jangan Heran yang dibina KNPI Cerenti, berhasil meraih juara I," ujar Rengga.

"Dua jalur tersebut juga diharapkan untuk menjaga sportifitas dalam berpacu. Bagaimana pun, pacu jalur tak selulu tentang kemenangan, tapi bagaimana melestarikan budaya," tutup Rengga. ***