TANGERANG - Dalam rangka memeriahkan pagelaran Festival Damai dan Millenial Road Safety yang diselenggarakan di Pelataran Silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu 23 Juni 2019 besok. Satuan Lalu Lintas Polres Metro Tangerang kota pimpinan AKBP Juang Andi Priyanto akan mengerahkan ribuan massa untuk hadir.

Acara bertajuk damaikan Indonesia tersebut mengambil tema "Merajut Persatuan Dalam Kebhinekaan" berlangsung dari pukul 07.00 wib hingga 11.00 wib.

Diperkirakan total keseluruhan ada sekitar 250 ribu peserta yang akan hadir dengan estimasi 5.000 armada bus.

"Massa dari kami (Tangerang) ada sekitar 19.250 peserta menggunakan 385 bus," kata Juang kepada wartawan, Jum'at (21/6/2019).

Ads
Juang membeberkan, belasan ribu massa yang akan hadir tersebut berasal dari kalangan Siswa/i SMA dan Santri 500 peserta, mahasiswa 350 peserta, komunitas 200 peserta, Karang Taruna dan Ormas 18.200 peserta.

"Emang gak gampang, namun karena kerja sama dan kerja keras maka target pun dapat tercapai," jelas Juang.

Juang menambahkan, belasan ribu peserta dari Tangerang tersebut akan dikawal oleh jajarannya, masuk dalam kategori zona C untuk kemudian didrop di Menara BTN Harmoni.

"Dari Harmoni peserta akan berjalan kaki sambil menikmati car free day menuju lokasi, yaitu di pelataran Silang Monas," pungkasnya.

"Untuk personil, ada yang mengawal peserta ada pula yang ditempatkan di beberapa titik guna mengatur lalin," lanjutnya.

Di kesempatan yang sama, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Argo Yuwono mengatakan jika penyelenggaraan acara ini adalah untuk memupuk kembali semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

"Acara ini sebagai bentuk pesan damai. Kita tahu dan sadar bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar, bangsa yang sangat menjunjung tinggi sikap toleran, serta bangsa yang bangga dengan budaya hidup rukun dan saling menghargai," kata Argo di Mapolda Metro Jaya.

Ia mengajak, segenap rakyat Indonesia untuk mengerti dan paham bahwa Kebhinekaan adalah sebuah kekuatan pemersatu bangsa.

"Dengan cara menerima perbedaan sebagai sebuah kekuatan, bukan sebagai ancaman atau gangguan," ucapnya.

Acara turut dimeriahkan oleh belasan artis Ibu Kota berjiwa muda (millenial) seperti Boy William, Omesh, Ria Ricis, Nirina Zubir, Nabila Putri, Ivy Batuta, RAN, Jamrud, Anji, Saskia Gotik, Nunung CS, Lea Simanjuntak, Giring dan Paragita Choir UI.***