MEDAN - Para pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung akan mendapatkan penyediaan air bersih dan listrik gratis. 

Hal ini diapresiasi Wakil Gubernur Sumatera Utara, Nurhajizah Marpaung, saat kunjungan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan ke lokasi hunian sementara (Huntara).

"Listrik ini memang jadi masalah, karena masyarakat harus bayar. Bupati Karo juga mau bayar, tetapi dananya tidak ada, akhirnya Menteri ESDM menggratiskan selama warga tinggal di sini," ujar Nurhajizah saat mendampingi Jonan meninjau Huntara di Kecamatan Simpang Empat, Karo.

Wagub juga mengungkapkan, jika target menggratiskan listrik bagi warga di Huntara cepat diselesaikan, dirinya berharap hunian tetap (Huntap) juga bisa disegerakan penyelesaiannya. "Untuk selanjutnya, penggunaan listrik berbayar di Huntap diberlakukan setelah rumah menjadi milik warga," ungkapnya.

Menteri ESDM, Ignasius Jonan menyampaikan, dalam kunjungannya ke Huntara dan lokasi pemantauan Gunung Sinabung, masyarakat juga mengeluhkan terbatasnya ketersediaan air bersih di hunian. Juga masih adanya masalah meteran listrik yang menggunakan token atau pra bayar, mengingat dua keluarga harus berbagai satu meteran.

"Kalau dari masyarakat perlu air bersih lebih banyak, nanti kita cek kalau bisa dibuat sumur bor lagi di sini. Soal listrik, kalau bisa satu keluarga meterannya sendiri-sendiri. Karena yang biasanya agak ribut. Mestinya bisa digratiskan," ucapnya.

Terkait kunjungan itu, Bupati Karo, Terkelin Brahmana, juga mengapresiasi dan terkesan terhadap langkah dan rencana Menteri ESDM Ignasius Jonan yang responsif terhadap permasalahan yang dihadapi warga di Huntara.

"Untuk permasalahan di Huntara, progresnya semakin baik, semakin sedikit masalah. Karena itu kita harapkan kerja sama masyarakat dengan pemerintah baik daerah, provinsi dan pusat," sebutnya.

Terkelin Brahmana juga menambahkan, masyarakat yang tinggal di Huntara semakin memahami dan bisa menerima kondisi yang diakibatkan dari letusan Gunung Sinabung tersebut. "Saya tetap berharap pembangunan Huntap tahun ini bisa dirampungkan," tambahnya.