BOGOR - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali menutup Turnamen Sepakbola U-16 Nusantara Open 2022 di Stadion Pakansari Bogor, Jawa Barat, Senin (1/8/2022). Menpora dari Partai Golkar ini juga mengapresiasi turnamen memperebutan PIala Prabowo Subianto yang digelar pada 16 Juli hingga 1 Agustus 2022.

"Atas nama pemerintah saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas pelaksanaan Turnamen Nusantara Open 2022, Piala Prabowo Subianto," kata Menpora Amali saat menutup Kejuaraan Nusantara Open 2022 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Senin (1/8).

"Saya mengapresiasi dan sampaikan terima kasih kepada bapak Prabowo Subianto yang telah memulai kerja besar yakni memberi semangat persepakbolaan nasional," tambah Menpora Amali.

Melihat jalannya turnamen Nusantara Open 2022 yang memperebutkan Piala Prabowo Subianto, Menpora Amali menaruh harapan besar timnas sepakbola Indonesia bisa bermain di Piala Dunia nantinya.

"Saya menaruh harapan besar karena rakyat Indonesia yang saat ini 277 juta memiliki mimpi besar agar timnas sepakbola Indonesia bisa bermain di Piala Dunia. Apa yang dilakukan oleh Bapak Prabowo ini dan timnya adalah cikal bakal untuk mewujudkan mimpi agar timnas menjadi peserta Piala Dunia," ujar Menpora Amali.

Menpora Amali berharap para peserta dapat terus berlatih mewujudkan mimpi besar bangsa agar timnas dapat bermain di Piala Dunia di masa mendatang.

"Kepada para peserta yang ikut berkompetisi dan ikut turnamen ini tugas kalian bukan hanya sampai turnamen ini ditutup, tetapi kalian harus tetap berlatih, berkerja keras dan bersama-sama dengan Bapak Prabowo mewujudkan mimpi besar bangsa," tutur Menpora Amali.

Pemerintah melalui Perpres 86/2021 telah melahirkan DBON, salah satu cabor yang ada didalamnya adalah sepakbola. Dan sepakbola adalah satu-satunya cabor yang memiliki Inpres yakni Inpres no.3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional.

"Untuk itu menjadi tanggungjawab kita semua memajukan sepakbola. Pemerintah tidak akan sanggup sendiri tanpa dukungan dari seluruh masyarakat khususnya yang peduli terhadap sepakbola seperti Bapak Prabowo Subianto. Saya yakin sepakbola nasional akan maju kedepan bersama pak Prabowo," pungkas Menpora Amali.

Nusantara Open 2022 berhasil mencapai beberapa capaian penting yakni diantaranya, Nusantara Open 2022 berhasil menyatukan semua elemen terkait. 16 tim akademi terbaik yang berpartisipasi mewakili keragaman nusantara dalam nuansa kompetisi bertarung dengan kompetitif, solidaritas dan sportif.

"Nusantara Open berhasil menyatukan kita semua dari 16 tim perwakilan akademi terbaik. Kemudian, turnamen ini menjadi turnamen pertama usia muda yang yelah menggunakan big data analisis sebagai salah satu implementasi sport science," kata Ketua Pelaksana Nusantara Open 2022, Aji Jaya Bintara.

"Secara statustik turnamen ini telah menghasilkan 98 gol dari 38 pertandingan. Juga turnamen ini telah di siarkan melalui platform digital. Semoga turnamen ini menjadi rol model dan memberi efek positif bagi turnamen usia muda lainnya," tambahnya. ***