JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali didampingi Ketua Pelaksaan Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC. Gibran Rakabuming Raka meninjau acara gladi opening ceremony ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (28/7/2022) malam.

Acara ini diawali dengan acara doa dan pemotongan tumpeng bersama para pengisi acara, volunteer dan tenaga pendukung lainnya sebagai tanda dimulainya ASEAN Para Games 2022 Solo.

Dalam arahannya, Menpora Amali mengingatkan kepada para pengisi acara, volunteer dan tenaga pendukung agar bekerja keras, serius dan fokus dalam mensukseskan ajang ASEAN Para Games 2022 Solo. Sebab, menurut Menpora Amali kesuksesan acara ini merupakan harapan dari 270 juta rakyat Indonesia.

"Kalau itu sukses, maka bukan hanya sukses buat kita sebagai penyelenggara dan panitia. Tapi suskes buat seluruh rakyat Indonesia. Kita harus tunjukan, walaupun dalam waktu yang singkat kita diberi tugas menjadi penyelenggara ASEAN Para Games ke XI ini tapi kita mampu," kata Menpora Amali.

Disamping itu, Menpora Amali bercerita bahwa dalam berbagai kesempatan dirinya mengaku mendapat apresiasi dan pujian dari negara-negara lain yang pernah mengikuti kegiatan di Indonesia, bahwa apabila Indonesia menjadi tuan rumah kegiatan olahraga baik itu single event maupun multi event internasional sangat luar biasa dan mereka menikmati.

Menpora Amali menyampaikan hal tersebut sebagai penyemangat para pengisi acara, volunteer dan tenaga pendukung agar bersemangat dalam bekerja terutama bagi mereka yang sebagian besar baru pertama kali mengisi acara ASEAN Para Games ini.

"Oleh karena itu, kepercayaan dari mas Wali (Gibran) sebagai Ketua INASPOC, kepada ibu bapak sekalian tolong dijaga kepercayaan itu. Dan ditunjukkan dengan kerja serius, konsentrasi dan fokus. Karena biasanya pada saat sudah melaksanakan tugas konsentrasi dan fokus kita itu gak sedikit terganggu. Jadi saya minta untuk benar-benar fokus terhadap masing-masing tugasnya," harapnya.

Acara ini, lanjut Menpora Amali, akan akan ditonton banyak orang dan disiarkan oleh media media-media televisi baik itu dalam negeri maupun luar negeri.

"Di sini juga akan dihadirkan banyak orang, banyak tamu VVIP, VIP yang akan menyaksikan. Kalian semua itu pasti akan berpengaruh, tapi saya yakin yang sudah ditunjuk dari sekian banyak yang diseleksi bisa menjalankan tugas dengan baik dan membanggakan Indonesia di mata dunia," ujarnya.

Sementara itu, Ketua INASPOC, Gibran Rakabuming Raka menyebutkan bahwa dua hari menjelang pembukaan ASEAN Para Games, venue-venue untuk tempat pertandingan sudah rampung.

"Kalau saya lihat tadi di beberapa venue sebenarnya sudah siap semua. Dari negara lain sudah mulai praktis saya kira sudah siap semua," katanya.

ASEAN Para Games XI 2022 Solo rencananya akan dimulai pada tanggal 30 Juli sampai 6 Agustus mendatang dan akan diikuti 11 negara di Asia Tenggara.

Kontingen Para Games Indonesia yang berkekuatan 324 atlet menargetkan 104 medali emas dalam 14 cabang olahraga yang dipertandingkan. ***