DUMAI - Menteri Pariwisata RI Arief Yahya mendorong pemerintah Provinsi Riau untuk membentuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata untuk dijadikan destinasi kelas dunia.

Dikatakan Arief Yahya saat berkunjung ke Bandar Bakau Kota Dumai, ada tiga event yang diliriknya yakni Tour de Siak di Kabupaten Siak, Pacu Jalur di Kabupaten Kuansing serta Bakar Tongkang di Kabupaten Rokan Hilir.

Arief Yahya menyebutkan, dirinya telah menyampaikan kepada Gubernur Riau, Syamsuar, untuk mengajukan tiga lokasi tersebut menjadi KEK Pariwisata.

"Saya hadir saat ini untuk membangun Riau menjadi destinasi wisata kelas dunia, dan mendorong pemerintah daerah untuk bisa mengusulkan iven tersebut menjadi iven nasional dan segera membentuk KEK dikawasan tersebut," kata Menpar RI Arief Yahya kepada sejumlah watawan, Selasa (20/8/2019).

Dijelaskannya, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan mendukung objek dan iven wisata unggulan daerah dengan membantu infrastruktur dasar agar kunjungan wisatawan meningkat.

"Kalau kunjungan wisatawan meningkat, tentu ada peningkatan ekonomi yang terjadi dan langsung diasakan oleh masyarakat," katanya menerangkan.

Selain itu, Menpar RI berharap kepada Pemerintah Riau untuk menambahkan program studi terkait pariwisata di sekolah-sekolah.

"Saya ingin, seluruh pelaku pariwisata di Riau adalah anak-anak Riau, dimana ekonomi di sektor wisata sangat menjanjikan," katanya.

Gubernur Riau, Syamsuar mengaatakan, pihaknya tengah menyusun even dan objek wisata seperti yang diinginkan oleh Menpar RI.

"Salah satunya dalah Tour de Siak yang akan dijadikan event nasional, dimana salah satu estape yang akan dilalui adalah kota Dumai," kata Gubernur Riau. ***