DURI - Setelah namanya naik dan populer di tingkat nasional, perpustakaan H Tenas Effendi SMA Swasta Cendana Duri kini banyak dilirik sekolah yang ada di wilayah Riau khususnya di Kabupaten Bengkalis.

Prestasinya sebagai ranner up atau juara dua lomba perpustakaan sekolah/madrasah untuk tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) se-Indonesia belum lama ini membuat banyak perpustakaan sekolah lainnya penasaran dan ingin melihat langsung seperti apa perpustakaan itu.

Ditambah lagi, SMAS Cendana Duri juga dikenal dengan banyak prestasinya dari Akademik dan Non Akademik. Hampir setiap bulan, ada saja prestasi SMAS Cendana yang terekspos baik dari pemberitaan lokal maupun nasional.

Perwakilan pelajar dan guru SMAN 1 Bengkalis, Minggu (19/11/2017) melakukan kunjungan ke SMAS Cendana Duri yang terlwtak di Komplek PT Chebron Pasifik Indonesia, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Kepala Perpustakaan SMAN 1 Bengkalis, Hj Dra Faizah kepada GoRiau.com mengatakan, pihaknya ingin belajar bagaimana manajemen perpustakaan di SMAS Cendana Duri, sehingga bisa menyabet juara tingkat nasional.

"Mereka (SMAS Cendana Duri, red) ini mewakili Kabupaten Bengkalis dikancah nasional dan berhasil juara. Untuk itu kami ingin mengetahui bagimana caranya mereka bisa jadi juara, agar sekolah kami juga bisa mencontohnya," ungkapnya.

Selain ingin mengetahui tentang Perpustakaan H Tenas Effendi, sambungnya, SMAN 1 Bengkalis juga ingin mengetahui bagaimana OSIS dan Pramuka di SMAS Cendana Duri. Apalagi sekolah ini banyak mengkoleksi prestasi nasional dan international.

"Kita berharap OSIS dan Pramuka SMAN 1 Bengkalis, serta sekolah kami bisa mengukir prestasi tingkat nasional dan international. Kita juga mengharapkan bisa ada pertukaran pelajar antar kedua sekolah ini," ulasnya.

Di tempat yang sama Kepala Sekolah SMAS Cendana Duri, Dra Wiselmi menyambut baik kedatangan SMAN 1 Bengkalis di sekolah yang dipimpinnya itu. Guru dan pelajar SMAN 1 Bengkalis diajak keliling sekolah melihat bagaimana perpustakaan H Tenas Effendi dan fasilitas sekolah.

"Dengan adanya kunjungan ini, kita berharap pendidikan di Kabupaten Bengkalis semakin maju dan berkembang seiring dengan program pemerintah pusat. Kita pun membuka diri bagi sekolah mana saja yang mau berkunjung dan melihat bagaimana perpustakaan H Tenas Effendi," imbuhnya. ***