DEMAK -- Bs, seorang pasien Covid-19 di Demak, Jawa Tengah, meninggal dunia dalam perjalanan dari rumah sakit menuju rumahnya pada Selasa (8/6/2021).

Dikutip dari Inews.id, Bs sempat menjalani perawatan intensif selama satu pekan setelah dinyatakan positif Covid-19. Warga Desa Sari, Kecamatan Gajah, Demak itu dilarikan ke rumah sakit pada Selasa (1/6/2021) karena menderita batuk, pilek dan panas. Hasil swab pertama dan kedua, dia terkonfirmasi positif Covid-19.

Setelah seminggu menjalani perawatan, mendadak Bs memaksa meminta pulang dari rumah sakit pada Selasa (8/6/2021) pukul 17.30 WIB. Pihak rumah sakit mencoba melarang, namun karena pasien terus memaksa, akhirnya Bs diperbolehkan pulang.

Dalam perjalanan pulang ke rumahnya, sekitar pukul 18.30 WIB, Bs menghembuskan nafas terakhirnya.

Pihak keluarga kemudian menghubungi bidan desa setempat, dan melapor ke Kepala Puskesmas Gajah 1. Setelah pihak Puskesmas melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan, jenazah korban dimakamkan secara protokol kesehatan di TPU Desa Sari, Kecamatan Gajah, Selasa (8/6/2021) tengah malam, pada pukul 00.00 WIB.

Proses pemakaman mendapat pengawalan ketat dari personel TNI Koramil 07/Gajah Kodim 0716/Demak dan Polsek Gajah.

Kepala Desa Sari, Kasmadi, meminta warga yang sakit dan dirawat di rumah sakit, klinik, Puskesmas atau fasilitas kesehatan lain tidak memaksakan diri pulang.

Selain itu warga diimbau tetap mengikuti prosedur pelayanan kesehatan, sampai ada pernyataan dari pihak rumah sakit untuk diperbolehkan kembali ke rumah.

''Apalagi statusnya pasien Covid-19. Harus tetap mengikuti prosedur dan aturan dari pihak rumah sakit. Semoga almarhum diberikan tempat yang layak dan diampuni segala dosanya, dan keluarga diberikan ketabahan dan kesabaran,'' ujarnya di sela-sela pemakaman.

Dia juga meminta keluarga melaksanakan isolasi mandiri selama 14 hari.

Sementara pihak Puskesmas akan melakukan swab kepada pihak keluarga dan yang pernah kontak erat dengan almarhum.***