TELUKKUANTAN - Harga sejumlah bahan pokok di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau mengalami kenaikan. Salah satunya daging ayam ras dan ayam kampung.

Berdasarkan pantauan dari Dinas Koperasi UKM Perdagangan Perindustrian Kuansing pada 12 Januari 2022, harga daging ayam ras senilai Rp40 ribu per Kg, mengalami kenaikan sebesar Rp8 ribu jika dibandingkan dengan harga minggu sebelumnya.

Menurut Azhar, Kepala DiskopUKM Dagrin Kuansing, naiknya harga ayam ras dipicu oleh kenaikan harga pakan ayam. Dimana, harga pakan mengalami kenaikan.

"Sekarang musim hujan. Faktor cuaca juga mempengaruhi. Sebab, suhu dingin sehingga banyak anak ayam potong yang mati," ujar Azhar kepada GoRiau.com, Rabu (12/1/2022) di Telukkuantan.

Dikatakan Azhar, kenaikan harga daging ayam ras tidak hanya terjadi di Kabupaten Kuansing, tapi juga di kabupaten kota lainnya.

Selain daging ayam ras, daging ayam kampung juga mengalami lonjakan, yakni Rp60 ribu per Kg. Terjadi kenaikan sebesar Rp10 ribu jika dibandingkan dengan harga minggu lalu.

Tidak hanya dagingnya, telur ayam juga mengalami lonjakan sebesar Rp900 per butir. Pada minggu lalu, harganya Rp2 ribu per butir, sekarang Rp2.900 per butir. Sedangkan harga telor ayam kampung Rp5 ribu per butir.

Untuk gula, di Kabupaten Kuansing masih dijual di atas harga eceran tertinggi (HET), yakni Rp14 ribu per Kg. Sedangkan HET-nya adalah Rp12.500 per Kg. Begitu juga dengan minyak goreng curah, harganya Rp19 ribu per Kg. Sedangkan HET-nya adalah Rp10.500 per Kg.

Kemudian, cabe merah mengalami penurunan sebesar Rp10 ribu. Minggu lalu, harga cabe merah Rp35 ribu per Kg, sedangkan hari ini hanya Rp25 ribu per Kg. Berbeda halnya dengan cabe rawit, harganya tetap Rp70 ribu per Kg.***