PEKANBARU - Masyarakat di Provinsi Riau mungkin masih banyak yang belum memahami tentang asuransi kendaraan bermotor. Asuransi memiliki pedoman, yaitu Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor (PSAKB). Dimana semua perusahaan asuransi kendaraan mengacu pada aturan PSAKB. Siapa bilang punya asuranai mobil bikin rugi?.

Branch Head Manager Asuransi Astra Pekanbaru, Ipung Tri Purnomo mengatakan dalam pertemuan yang membahas polis asuransi kendaraan bermotor, Selasa (24/10/2017), bahwa kendaraan merupakan sebuah aset. Hal ini membuat masyarakat merawatnya dengan hati-hati dengan memberikan perlindungan asuransi.

"Asuransi membuat kita bebas dari biaya ekstra yang harus dikeluarkan jika terjadi kerusakan, seperti tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, dan kerugian atau kerusakan yang disebabkan peristiwa tertentu," kata Ipung.

Lanjut Ipung, masyarakat tidak ada yang mengetahui apa yang akan terjadi ketika berada di jalan raya, meskipun seorang pengemudi sudah taat berlalu lintas. Jika kendaraan dilindungi asuransi, masyarakat tidak perlu khawatir jika resiko buruk menimpa kendaraannya karena sudah dilindungi asuransi.

"Asuransi mobil tidak hanya berguna untuk pemilik asuransi dan pengemudi kendaraan saja. Ada juga pilihan lain dimana pertanggungan dapat melindungi kerusakan kendaraan lain akibat kelalaian kita. Sehingga kita tidak perlu panik, karena kerusakannya akan diganti rugi pihak asuransi," ujarnya.

Masih dikatakan Ipung, asuransi yang baik adalah asuransi yang memberikan pelayanan tambahan yang dapat diandalkan, seperti contact center 24 jam, kemudahan mengakses informasi, hingga layanan darurat untuk mengatasi masalah kendaraan mogok, ban kempis, bahkan kehabisan bbm.

"Asuransi Astra memiliki produk Garda Oto yang siap melayani masyarakat diera digital. Saat ini Garda Oto sudah memiliki layanan mobile yang dapat diunduh melalui playstore dan ios, yaitu Garda Mobile Otocare. Garda Mobile Otocare membantu kita memantau kondisi kendaraan dan memberikan akses ke semua kemudahan Garda Oto Digital," ulasnya.

Dijelaskan Ipung, dengan membuat laporan klaim melalui aplikasi Garda Mobile Otocare, masyarakat akan mendapatkan kelebihan saat melakukan survei kendaraan di Garda Center/kantor cabang. Nikmati antrian khusus pengguna Garda Mobile Otocare. Dapat melihat setiap progress klaim kendaraan yang dapat dilihat di Garda Mobile Otocare.

"Sebagai informasi Garda Center yang sebelumnya di Mal Pekanbaru mulai tanggal 27 Oktober 2017 pindah ke Mal Ciputra Seraya bagian basement," jelas Ipung kepada GoRiau.com. ***