PEKANBARU - Berbeda dari sebelumnya, subsidi listrik kali ini berupa diskon tarif listrik dengan besaran yang berbeda di setiap golongan.

Kebijakan ini mulai berlaku pada periode April-Juni 2021. Untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA, bisnis kecil daya 450 VA, dan industri kecil daya 450 VA, besaran diskon tarif listrik adalah 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

Sementara, pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi, diberikan diskon sebesar 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

Pelanggan industri, bisnis, dan sosial akan mendapatkan pembebasan biaya atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan, pihaknya siap mendukung dan menjalankan keputusan pemerintah untuk terus memberikan stimulus listrik bagi masyarakat kecil, pelaku usaha, dan sosial yang terdampak Covid-19.

"Karena sifatnya perpanjangan, saya yakin penyaluran akan berjalan lancar," ujarnya, sebagaimana dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Senin (29/3/2021).

Besaran diskon listrik

Diskon listrik untuk periode kali ini memiliki besaran yang berbeda dibandingkan dengan stimulus yang diberikan oleh PLN pada periode sebelumnya.

Adapun besaran stimulus listrik periode April-Juni 2021 ditetapkan berdasarkan Surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Berikut rinciannya:

1. Pelanggan rumah tangga, bisnis kecil, dan industri kecil 450 VA

Pelanggan golongan rumah tangga, bisnis kecil dan industri kecil dengan daya 450 Volt Ampere (VA), diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

2. Pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi

Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

3. Pembebasan biaya abonemen

Pembebasan biaya beban abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

Cara mendapatkan diskon Bagi pelanggan pasca-bayar, diskon listrik dari PLN langsung diberikan dengan memotong tagihan rekening listrik pelangggan.

Sedangkan bagi pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token.

"Untuk pelanggan prabayar daya 450 VA, tidak perlu lagi mengakses token, baik di web, layanan WhatsApp, maupun PLN Mobile. Stimulus akan langsung didapat saat membeli token listrik,” kata Bob Saril.

Mulai April 2021 tagihan harus kembali dibayar

Dengan adanya perubahan ketentuan stimulus listrik PLN untuk periode April-Juni 2021, Bob Saril mengatakan ada beberapa hal yang harus dipahami oleh pelanggan.

Bagi pelanggan rumah tangga, bisnis dan industri daya 450 VA, mulai April 2021 harus kembali melakukan pembayaran rekening listrik.

"Kami mengingatkan, khususnya kepada pelanggan 450 VA pasca-bayar, mulai rekening bulan April 2021 harus kembali melakukan pembayaran. Namun tentunya dengan potongan dari stimulus sebesar 50 persen," kata Bob Saril.

Kemudian, khusus untuk pembebasan biaya beban, abonemen, dan pembebasan ketentuan rekening minimum, pemberian stimulus akan diberikan secara otomatis dengan memotong tagihan konsumen sosial, bisnis dan industri.

Potongan sebesar 50 persen hanya diberikan untuk biaya beban atau abonemen, dan biaya pemakaian rekening minimum. ***