PEKANBARU, GORIAU.COM - Sukses menyumbang medali di Peparnas XIV 2012 membawa berkah bagi Martin Losu dan Suparniati. Kedua atlet cacat Riau ini dipanggil untuk mengikuti pelatnas timnas guna persiapan menghadapi ASEAN Paralympic Games, Myanmar 2013 mendatang.

Kedua paralimpian Riau ini sudah dipastikan masuk dalam skuad timnas atletik. Suparniati berhasil menyumbangkan medali emas di nomor lempar lembing, lempar cakram dan tolak peluru bagi kontingen Riau, sementara Martin berhasil merengkuh 3 medali perak.

Hal tersebut disampaikan Pelatih Atletik Paralimpian Riau, Hasnor, Senin (29/10/2012) kepada wartawan. ''Walaupun Martin hanya meraih medali perak, namun pengurus pusat masih menilai dirinya berpeluang bisa merengkuh medali di ASEAN Paralympic Games mendatang,'' terangnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Riau, Jaya Kusuma. Dirinya masih menunggu susulan pemanggilan terhadap atlet Riau lainnya.

''Masih menunggu surat dari pusat, kemungkinan masih akan ada lagi atlet kita (atletik, red) yang akan dipanggil,'' terang Jaya.

Dirinya juga optimis bukan hanya atlet Riau di cabang atletik saja yang akan dipanggil, namun beberapa cabang lain masih berpeluang untuk membela timnas. ''Sebut saja seperti cabang renang yang memang beberapa atlet kita sangat baik waktu tampil di Peparnas lalu, hingga bisa memecahkan rekor tingkat Asia Tenggara,'' ujar Jaya.

Pria yang juga masuk dalam Kontingen Riau di Peparnas XIV sebagai peraih medali perak di cabang boling ini mengharapkan akan banyaknya lagi atlet Riau dipanggil untuk membela Indonesia di tanah air. ''Karena atlet kita memang banyak berpotensi,'' tuturnya. (nti/rsc)