JAKARTA - Nizar Faddiliah merupakan seorang fotografer wanita asal Indonesia yang juga pernah menjadi guru matematika. Suatu hari sang fotografer ini mendapat permintaan pertemanan di MySpace dari seorang bule Amerika. Siapa sangka kemudian ternyata mereka berjodoh.

Nizar yang pernah menetap di Bremerton, Washington D.C., Amerika Serikat itu berkenalan dengan Brian Wogan pada pertengahan 2007 di MySpace. Setelah berkenalan itu, Nizar yang sedang berada di Indonesia, iseng meminta Brian yang sedang liburan sekaligus belajar muaythai di Thailand, datang mengunjunginya.

"Saya iseng ngomong basa- basi agar dia samperin saya ke Indonesia. Beberapa hari kemudian dia memutuskan ke Indonesia. Saya kaget banget. Dan dia ingin saya yang menjemput dia di bandara. Pertama kali lihat Brian pakai peci putih, kaus biru dan celana jeans," ungkap Nizar seperti dilansir GoNews.co dari Wolipop detik.com, Minggu (6/9/2020).

Nizar mengaku tak menjalani masa penjajakan atau pacaran dengan Brian. "Kita nggak pacaran. Karena diajak nikah saat dia dua hari sampai di Indonesia. Sekitar 20 harian kemudian kita persiapan dan langsung menikah," katanya.

Setelah dilamar, Nizar dan Brian mengadakan akad nikah di Jakarta pada 15 Desember 2007. Sedangkan resepsi pernikahan mereka digelar pada 16 Desember 2007 di Gedung Antara, Jakarta Pusat.

Sebelum bertemu dengan Nizar, Brian sudah masuk Islam pada 2003. Brian pun sudah mempelajari Rukun Islam dan Rukun Iman lewat ustadznya.

Yang membuat Nizar jatuh cinta pada sosok sang suami adalah karena pria tersebut menjadi mualaf sejak masih bekerja sebagai tentara angkatan laut Amerika Serikat. Ya, Brian merupakan mantan tentara AS yang saat ini bekerja di bagian sipil. Pekerjaannya itu membuatnya berpindah-pindah negara sesuai penempatan dari atasannya.

Nizar sempat menjalani kehidupannya sebagai fotografer profesional di Washington D.C., Amerika Serikat. Dia juga mengikuti sang suami yang kemudian ditugaskan ke Jepang. Dan saat ini, Nizar dan Brian menetap di Yunani di mana di negara tersebut ada pangkalan angkatan laut Amerika Serikat. Keduanya tinggal di kota Chania, Pulau Crete, Yunani.

Nizar pun membuat akun YouTube dengan nama Nizarwogan untuk mendokumentasikan berbagai cerita travellingnya dan kesehariannya bersama sang suami. Channel YouTube tersebut dibuatnya sejak 2013.

"Tadinya hanya untuk menyimpan slideshow hasil photoshoot dari tiap klien saya. Tapi akhirnya, karena kami sering traveling, tujuan utamanya sih mendokumentasikan traveling (dan hidup kami) tidak hanya sekadar lewat foto namun juga video," jelasnya.***