SIAK SRI INDRAPURA - Dampak kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Riau dan Provinsi tetangga menjadi bencana besar bagi masyarakat. Kabut asap tebal terpapar di udara dan dapat merusak kesehatan.

Polisi lalu lintas Polres Siak langsung berinisiatif membagi-bagikan masker untuk masyarakat yang terlihat masih ogah menggunakan masker meski tahu kualitas udara sangat berbahaya bagi kesehatan.

Pembagian masker ini dilakukan di banyak tempat yakni di jalan lintas depan Mapolres Siak, di jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah Agung ,di Kantor Satpas SIM Kecamatan Tualang dan di depan Istana Siak.

"Kabut asap sudah semakin tebal, tetapi kita melihat masih banyak masyarakat yang belum menggunakan masker saat berkendara ataupun berada di luar ruangan. Ini inisiatif kita mengingatkan masyarakat bahwa kesehatan itu penting," kata Kasat Lantas AKP Brigita Atvina yang memimpin langsung kegiatan sosial tersebut, Jumat (13/9/2019).

Selain membagikan masker secara gratis, Personil Satlantas Polres Siak juga mengingatkan pengendara roda dua maupun roda empat untuk menyalakan lampu kendaraannya.

"Kabut asap yang tebal inj sangat mempengaruhi jarak pandang pengendara. Untuk itu perlu sekali menyalakan lampu kendaraannya saat berkendara, agar terhindar dari kecelakaan," kata Brigita lagi.

Selain itu juga, Brigita dan anggotanya juga mengingatkan pengendara agar memperbanyak minum air putih untuk menghindari terjadinya sakit pada tenggorokan dan lainnya. ***